Disdukcapil Mimika Imbau Masyarakat Gunakan Aplikasi Orlando Urus Data Kependudukan

Disdukcapil Mimika Imbau Masyarakat Gunakan Aplikasi Orlando Urus Data Kependudukan
Kepala Disdukcapil Mimika, Slamet Sutedjo. (Foto: Hadija/SP)

TIMIKA | Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Mimika, Provinsi Papua, Slamet Sutedjo mengimbau masyarakat Mimika menggunakan Operator Layanan Administrasi Online (Orlando).

Inovasi terbaru dari Disdukcapil Mimika tersebut menggunakan aplikasi pesan WhatsApp di nomor 0813 6982 4244.

Melalui obrolan (chatting) pada WhatsApp Grup, petugas akan menjawab langsung pertanyaan ataupun keluhan dari masyarakat yang ingin mengurus data kependudukan. 

Inovasi ini juga diyakini dapat mempermudah masyarakat sehingga  mengurangi angka antrian perhari yang cukup tinggi. 

"Jadi masyarakat silahkan mengungkapkan keluhan serta kendala yang dihadapi. Nanti petugas kami akan menjawab dan memproses. Apabila sudah selesai kami hubungi dan tinggal ambil di kantor," kata Slamet saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (21/1).

"Tetapi untuk yang belum perekaman e-KTP, yang bersangkutan harus datang langsung ke kantor untuk direkam retina matanya dan sidik jari," tambahnya.

IKLAN-TENGAH-berita

Terlepas dari dokumen tersebut kata Slamet, untuk keperluan seperti surat keterangan (Suket) kartu keluarga, pindah domisili, update data yang tidak terdaftar, serta informasi persyaratan Dukcapil dan lainnya bisa melalui aplikasi Orlando tanpa harus susah payah datang ke kantor Disdukcapil Mimika dan melalui antrean panjang.

Hal itu tidak hanya memudahkan masyarakat saja, namun juga pegawai Disdukcapil Mimika turut merasakan keringanan bekerja.

"Kita juga bisa lebih mudah, karena bisa kerja diluar jam kerja, nanti setelah adanya keluhan kami cari solusinya setelah clear baru masyarakat datang untuk ambil," pungkasnya.

 

Reporter: Hadija Laisouw
Editor: Batt

 

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar