Pertamini di Mimika Dilarang Jual BBM Bersubsidi

Kamis, 23 Jan 2020 16:09 WIT
Sekretaris Disperindag Mimika, Inosensius Yoga Pribadi.

TIMIKA | Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, melarang pertamini untuk menjual bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. 

Hal itu dikarenakan keberadaan pertamini yang sudah mulai menjamur di Kota Timika ini tidak mendapat izin dari Pertamina.

"Pertamini ini kan sebenarnya tidak ada ijin dari Pertamina. Kalau hanya untuk pemasaran memang tidak apa-apa, tetapi dilarang untuk jual yang bersubsidi," kata Sekretaris Disperindag Mimika Inosensius Yoga Pribadi saat ditemui di Kantor Bappeda, Rabu (22/1).

Menurut Yoga, keberlangsungan Pertamini hingga saat ini hanya karena kebijakan dari Pemerintah Kabupaten Mimika.

Sehingga, masyarakat yang memiliki usaha Pertamini untuk bisa mentaati kebijakan dengan tidak menjual BBM bersubsidi jenis premium dan solar.

Disperindag sebelumnya sudah beberapa kali mengeluarkan surat teguran kepada pemilik Pertamini yang sengaja melanggar aturan tersebut.

"Kami dari dinas selau melakukan pengawasan, namun masih tetap saja ada yang bandel menjual premium," kata Yoga.

"Mereka itukan semenstinya tidak dijinkan, kalau hanya untuk sebatas pemasaran tidak apa-apa ditambah lagi mereka beli pertamini dengan uang sendiri kasihan juga kalau kami mau langsung main sita," tambah Yoga.

Menurut data Disperindag, tercatat ada sebanyak 28 Pertamini, namun hingga kini sudah mengalami penambahan lagi dari sebelumnya.

 

Reporter: Hadija Laisouw
Editor: Aditra

 

Kategori:
Bagikan