seputarpapua.com

Jelang Pilkada, Disdukcapil Akan Verifikasi Enam Elemen

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Jelang Pilkada, Disdukcapil Akan Verifikasi Enam Elemen
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Jhon Wicklif Tegai

TIMIKA | Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Mimika akan melakukan verifikasi terhadap enam elemen masyarakat. Hal ini disampaikan Kepala Disdukcapil Mimika, Jhon Wicklif Tegai saat diwawancarai seputarpapua.comĀ  di Kantor DPRD Mimika Jalan Cenderawasih, Senin (25/9/17).

Ia menyebutkan, elemen-elemen yang masuk daftar verifikasi tambah kurang diantaranya, pensiunan TNI-Polri, penduduk yang pindah ke Timika dan yang baru lulus SMA masuk verifikasi tambah, sedangkan yang masuk verifikasi kurang diantaranya penduduk pindah dari Timika, yang baru masuk TNI-Polri dan yang meninggal dunia.

“Jadi cuma enam itu saja yang masuk verifikasi tambah kurang,” kata Jhon.

Jhon mengatakan, yang penting dalam pelaksanaan Pilkada ialah Data Pemilih Tetap (DPT) dan embrio DPT atau Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilihan (DP4), yang mana untuk di Timika masih perlu pemutakhiran.

“Kita punya D4 ini masih perlu pemutakhiran data penduduk, dengan harapan kita bisa hasilkan DP4 yang baik,” tuturnya.

Hasil pemutakhiran DP4 tidak langsung diserahkan kepada KPUD Mimika, tetapi harus diserahkan kepada Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang kemudian akan diverifikasi kembali Nomor Induk Kependudukan (NIK) gandanya. Sambungnya, hasil dari verifikasi akan diserahkan ke Mendagri yang kemudian dilanjutkan ke KPU Pusat.

“Dari KPU Pusat nanti yang bagikan ke KPUD. Setelah sampai ini baru kita lakukan verifikasi tambah kurang tadi,” tutur Jhon.

Jhon menambahkan?, saat ini dirinya belum bisa menyampaikan jumlah pemilih yang pasti. Dikhawatirkan, jika ada satu angka saja yang keluar bisa disalahgunakan orang.

“Karena penggelembungan suara itu bisa orang tambah-tambah. Nanti kalau pemutakhiran ini selesai baru saya infokan jumlahnya,” tambahnya. (Nft/SP)

Berita Terkait
Baca Juga