Pengurus Pemuda Toraja Mimika Dilantik, Siap Sukseskan Pesparawi dan PON

Pengurus Pemuda Toraja Mimika Dilantik, Siap Sukseskan Pesparawi dan PON
Foto bersama para pengurus Persekutuan Pemuda Toraja Mimika usai prosesi pelantikan di Gedung Tongkonan Timika, Jumat (24/1/20).

TIMIKA | Pengurus Persekutuan Pemuda Toraja Mimika (PPTM) periode 2019-2023 resmi dilantik oleh pengurus Ikatan Keluarga Toraja Mimika (IKTM), Jumat (24/1). 

Pelantikan di Gedung Tongkonan Timika itu dimeriahkan dero massal, tarian sukacita secara bersama-sama yang merupakan tradisi masyarakat Suku Pamona, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Pengurus PPTM periode 2019-2023 diketuai Bartolomeus menggantikan Yohanes Junika Amba.

Sementara wakil ketua Semuel Senolinggi', sekretaris Irvan P. Lillin, bendahara Reymon Batto', wakil sekretaris Novandri Sundun dan wakil bendahara Herniaty Parinda. 

Bartolomeus dalam sambutannya mengatakan, PPTM yang lahir sejak 1997 telah banyak berkontribusi dalam setiap kegiatan di lingkup IKT Mimika. 

"Untuk itu, perlu saya beri apresiasi kepada seluruh pemuda Toraja, baik yang dilantik sebagai pengurus maupun yang belum terlibat sebagai pengurus," katanya. 

IKLAN-TENGAH-berita

Ia mengatakan, potensi pemuda Toraja di Mimika tidak bisa diragukan. Dengan demikian, PPTM dipastikan siap mensukseskan dua event besar tahun ini yaitu Pesparawi dan PON. 

"Saya harap mari kita berkontribusi di dalam setiap kegiatan IKT, organisasi di luar IKT, pemerintahan, dan lain sebagainya," kata Barto. 

Di samping itu, Barto mengingatkan para pemuda Toraja tetap menjaga kebersamaan. Tetap pada prinsip dasar organisasi "misa kada dipotuo pantan kada dipomate" (bersama kita teguh, bercerai kita runtuh).

"Tidak boleh ada dua kemudi di dalam satu perahu. Ini murni organisasi sosial, meski kadang orang tidak percaya sebelum mereka melihat apa yang kita lakukan," katanya.

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob dalam sambutannya mengapresiasi para pemuda Toraja yang terlibat dalam berbagai kegiatan sosial selama ini membantu pemerintah daerah. 

"Beberapa kali kegiatan sosial saya melihat partisipasi pemuda Toraja sangat luarbiasa. Terutama ketika membantu para pengungsi dari Wamena dan Ilaga beberapa waktu lalu," katanya. 

Untuk itu, Ia mendukung pemuda Toraja melalui wadah PPTM terus berkarya dalam berbagai kesempatan, turut membangun kabupaten Mimika dari berbagai sektor yang potensial. 

"Saya juga harap agar PPTM senantiasa berkoordinasi, berkolaborasi dengan semua OKP dan tentu pada wadah KNPI," imbuh dia.

Tak luput Wabup John mengingatkan bahwa kebersamaan adalah kekuatan utama dalam organisasi. Kemudian budaya gotong royong yang ada mestinya tetap dipelihara.  

Acara pelantikan tersebut tidak hanya dihibur tarian dero, tarian adat Toraja atau ma'gellu, tetapi juga menampilkan tarian khas Papua yang melambangkan penghormatan terhadap masyarakat asli Papua di Mimika.

Reporter: Sevianto
Editor: Aditra

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar