Pria WNA China Diduga Terinfeksi Virus Corona Dirawat di Papua Barat

Minggu, 26 Jan 2020 19:43 WIT
BERJAGA - Petugas keamanan memakai masker saat berjaga di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sele Be Solu Kota Sorong, Papua Barat, Minggu (26/1/2020). (Foto: Antara Foto/Olha Mulalinda/wsj)

TIMIKA | Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sele Be Solu Kota Sorong, Papua Barat, pada Minggu (26/1), mengisolasi seorang pria Warga Negara Asing (WNA) asal Hunan, China yang diduga terinfeksi Virus Corona.

Direktur RSUD Sele Be Solu Mavkren Kambuaya mengatakan, pihaknya telah melakukan pengambilan sampel terhadap WNA China berinisial YP (39 tahun) tersebut setelah mengalami gejala demam tinggi disertai batuk. 

Untuk memastikan status pria tersebut, RSUD kota Sorong masih menunggu koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Sorong dan Pemprov Papua Barat untuk tindakan selanjutnya dan pemeriksaan lanjutan.

"Tapi pada prinsipnya tidak perlu khawatir karena ini pun masih curiga. Ini kan belum pasti pemeriksaaan, karena pemeriksaan harus samplenya dikirim ke Jakarta untuk diperiksa," kata Mavkren. 

Dilansir BBC, Mavkren Kambuaya mengatakan pasien tersebut merupakan pasien rujukan dari Rumah Sakit Pertamina. Ia merupakan turis dari China yang sedang melakukan perjalanan ke Raja Ampat untuk menyelam.

Namun, dua hari kemudian, pria berusia 39 tahun tersebut mengalami demam. Dia kemudian dibawa ke Rumah Sakit Pertamina dan mengeluh demam dan batuk.

Sesuai anjuran Kementerian Kesehatan, pasien dengan gejala tersebut harus segera dibawa ke ruang isolasi.

"Karena Rumah Sakit Pertamina tidak memiliki ruang untuk isolasi, maka mereka merujuk ke kami di Rumah Sakit Sele Be Solu," katanya.

Antara Foto menggambarkan situasi dimana petugas keamanan memakai masker berjaga di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Sele Be Solu Kota Sorong, Minggu pagi.

 

Reporter: Sevianto
Sumber: Antara, BBC

 

Kategori:
Bagikan