Robby Omaleng Ditetapkan sebagai Calon Ketua DPRD Mimika periode 2019-2024

Senin, 27 Jan 2020 14:40 WIT
Calon pimpinan definitif DPRD Mimika, Robby Omaleng (kiri), Aleks Tsenawatne (tengah) dan Yohanis Felix Helyanan (kanan). (Foto: Anya Fatma/SP)

TIMIKA | Robby Kamaniel Omaleng dari Fraksi Golkar resmi ditetapkan sebagai calon Ketua DPRD Mimika periode 2019-2024. Penetapan ini dilakukan dalam Rapat Paripurna DPRD Mimika Dalam Rangka Pengumuman Penetapan Nama Calon Pimpinan DPRD Mimika di Ruang rapat paripurna DPRD Mimika, Senin (27/1).

Selain Robby, dua anggota DPRD lainnya juga ditetapkan sebagai calon pimpinan dewan diantaranya, Alex Tsenawatme dari Fraksi Nasdem menjabat Wakil Ketua I dan Yohanis Felix Helyanan Fraksi PDI Perjuangan sebagi Wakil Ketua II DPRD Mimika.

Ketiga pimpinan DPRD ini ditetapkan berdasarkan usulan dari DPP masing-masing partai yang merupakan partai yang meraih suara terbanyak dalam pemilihan anggota legislatif.

Setelah pengumuman penetapan nama calon pimpinan, akan dilakukan pelantikan menyusul SK Gubernur Papua, Lukas Enembe.

Ketua Sementara DPRD Mimika, Iwan Anwar mengatakan, penetapan pimpinan defenitif ini berdasarkan urutan perolehan kursi terbanyak pada Pemilu 2019 yang diraih partai Golkar. Terbanyak kedua partai Nasdem dan selanjutnya PDIP.

Dengan demikian ditetapkan Robby Kamaniel Omaleng sebagai Ketua Defenitif DPRD, Aleks Tsenawatme sebagai Waket I dan Yohanis Feliks Helyanan sebagai Waket II.

"Kita patut bersyukur karena dalam rentan waktu kurang lebih dua bulan sejak pengambilan sumpah sebagai anggota DPRD, kita bisa laksanakan paripurna ini. Ketua dan Wakil sementara telah melaksanakan tugas dengan baik," katanya, 

Dijelaskan, setalah paripurna penetapan nama calon pimpinan ini, maka tugas pimpinan sementara akan menyampaikan SK ke Gubernur Provinsi Papua melalui Bupati Mimika. 

Kemudian SK tersebut di kembalikan dari Gubernur, maka tugas pimpinan sementara adalah melaksanakan rapat paripurna istimewa terkait pengesahan atau pengambilan sumpah dan janji Pimpinan Definitif DPRD Mimika periode 2019-2024 serta diserahkannya palu sidang kepada Pimpinan Definitif.

"Itu berarti selanjutnya tugas Pimpinan Definitif untuk membentuk alat kelengkapan DPRD dalam penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi DPRD," tutur Iwan.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng dalam sambutannya mengatakan, pengumuman penetapan nama calon pimpinan DPRD ini akan menjadi catatan sejarah di Mimika karena sejak proses pemilihan hingga pelantikan anggota DPRD Mimika, bisa berjalan dengan lancar, meskipun ada riak-riak kecil tetapi bisa diselesaikan.

"Proses demokrasi inilah yang menjadi cita-cita pendiri bangsa bahwa dinamika politik tidak harus diselesaikan dengan kekerasan tetapi secara damai untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat," kata Eltinus.

Lanjutnya, di tahun ini Mimika akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan dua event besar yakni Pesparawi XIII dan PON XX. Kedua event tentu membutuhkan dukungan dari pimpinan dewan dan para anggotanya.

"Untuk itu kami harap terjalin kerjasama yang baik antara legislatif, eksekutif dan semua stakeholder untuk mensukseskan agenda ini," tutur Bupati.

Diakhir sambutan, Bupati berharap dengan ditetapkannya calon pimpinan dewan, seluruh agenda yang melekat sesuai dengan tugas dan fungsi DPRD Mimika dapat segera dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

 

Reporter: Anya Fatma
Editor: Batt

 

 

Kategori:
Bagikan