Pelantikan 133 Kepala Kampung di Mimika Tunggu Evaluasi Bupati

Pelantikan 133 Kepala Kampung di Mimika Tunggu Evaluasi Bupati
Michael R. Gomar

TIMIKA | Pelaksanaan pelantikan 133 kepala kampung yang tersebar di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, hingga kini belum dipastikan karena masih menunggu evaluasi oleh Bupati Eltinus Omaleng.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Mimika Michael Gomar saat ditemui di kantor DPRD Mimika, Senin (27/1), mengatakan meski pemilihan 133 kampung telah dilakukan beberapa waktu lalu, namun pelantikan masih menunggu petunjuk bupati.

"Untuk pelantikan kepala kampung itu dalam waktu dekat sambil menunggu petunjuk dari bapak bupati," ungkap Gomar.

Hasil dari pemilihan 133 kepala kampung, kata Gomar, sudah diserahkan kepada Bupati Eltinus Omaleng, dan akan dilakukan penilaian kembali. 

Penyerahan kembali keputusan kepada pimpinan daerah tersebut berdasarkan Permendagri nomor 112 Tahun 2014 yang menganjurkan untuk dikembalikan kepada pimpinan daerah untuk kemudian dilakukan penilaian bisa atau tidak yang bersangkutan dilantik sebagai kepala kampung. 

"Sehingga untuk bisa atau tidaknya dilantik kepala kampung tersebut itu semua berdasarkan keputusan bupati selaku pimpinan, bisa saja ada perubahan, itu kita lihat nanti," tegas Gomar.

Namun secarah keseluruhan pelaksanaan pemilihan kepala kampung di 133 kampung di Mimika berjalan lancar walaupun muncul beberapa tanggapan pro dan kontra dari tokoh masyarakat maupun masyarakat akar rumput namun hal itu masih bisa diselesaikan.

 

Reporter: Hadija Laisouw
Editor: Sev

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *