00
Hari
00
jam
00
Menit
00
Detik
Banner_atas

Bagian PBJ Setda Mimika Wajibkan OPD Input RUP Lewat SIRUP

Bagian PBJ Setda Mimika Wajibkan OPD Input RUP Lewat SIRUP
Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Kabupaten Mimika, Bambang Wiji Wicaksono. (Foto: Hadija/SP)

TIMIKA | Kepala Bagian Pengadaan barang dan Jasa, Setda Kabupaten Mimika, Bambang Wiji Wicaksono mengatakan, tahun ini Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Mimika diwajibkan menginput data Rencana Umum Pengadaan (RUP) dalam aplikasi Sistim Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP). 

Sistim ini langsung terintegrasi dengan sistim e-Budgeting sehingga antara rencana pengadaan dan anggarannya dapat terlihat dengan jelas. 

Kata Bambang, untuk menunjang kemampuan pengimputan RUP, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan pelatihan kepada admin RUP dari masing-masing OPD sehingga mumpuni melaksanakan tugasnya. 

"Dengan terintegrasi langsung ke e-Budgeting, maka seluruh kegiatan di OPD dapat terlihat jelas melalui sistem," tegas Bambang saat di temui di Kantor Bupati Mimika, Senin (27/1).

iklan_lokal_dalam_berita

Bambang mengklaim penginputan RUP secara online dari tahun ke tahun jauh lebih baik karena tidak lagi dipilah oleh Pimpinan OPD mana yang harus diinput dan mana yang tidak harus diinput.

"Dengan begitu semuanya dilakukan secara transparansi, semua sistem baik dari SiRUP maupun e-Budgeting dapat diakses juga oleh Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) secara langsung," jelasnya.

Untuk itu, suka atau tidak suka, setiap OPD dituntut untuk mencentang pada sistem mana yang tergolong swakelola, mana yang harus dilakukan tender. 

"Untuk mengakses sistem ini juga masing-masing OPD telah disiapkan dengan user ID tersendiri," ungkap Bambang.

Untuk mendapatkan User ID, setiap OPD miminta untuk mengusulkan segera Pejabat Pembuat Komitmen dan admind RUP.

"Sehingga yang bisa membuka hanya OPD itu sediri, dan juga pekerja yang ada di dalam DPA sudah ada disistem, karena kita sudah tarik semua datanya di e-Budgeting," kata Bambang. 

Bahkan menurutnya, dengan adanya pelaksanaan penginputan RUP secara tersistem ini akan lebih mempermudah OPD dalam melaksanakan programnya. 

"Untuk itu saat dilakukannya pelatihan nanti peserta tidak hanya diberikan teori saja tetapi juga langsung diajarkan pengoperasiannya," pungkasnya. 

 

Reporter: Hadija Laisouw
Editor: Batt

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar