Dukung Pesparawi dan PON XX, Dinas Kesehatan Mimika Bangun PSC 119

Dukung Pesparawi dan PON XX, Dinas Kesehatan Mimika Bangun PSC 119
Plt Kepala Dinas Kesehatan, Reynold Ubra. (Foto: Muji/SP)

TIMIKA | Tahun 2020, Mimika akan menjadi tuan rumah pelaksanaan dua event besar yakni Pesparawi XIII se- Provinsi Papua, Papua Barat dan PON XX. 

Untuk mendukung event tersebut dan juga meningkatkan mutu pelayanan kesehatan masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika akan membangun Public Service Center (PSC) 119.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Mimika, Reynold Ubra menjelaskan, PSC 119 merupakan pelayanan gawat darurat kesehatan yang bertujuan untuk memberikan pertolongan pertama bagi kegawatdaruratan kesehatan masyarakat secara sigap dan cepat.

Tak tanggung-tanggung, Pemerintah menganggarkan dana mencapai Rp 1 miliar untuk membangun PSC 119.

"Tahun ini kita bangun dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 950 juta," kata Reynold di Kantor DPRD Mimika, Senin (27/1).

PSC 119 ini juga nantinya akan dilengkapi dengan 2 unit ambulans berskala VVIP dan berstandar internasional. Selain itu, PSC 119 juga didukung sistem komunikasi command center yang terkoneksi langsung dengan Kementerian Kesehatan.

Pembangunan PSC 119 diharapkan bisa mulai berjalan Maret mendatang dan ditargetkan sudah bisa difungsikan sebelum pelaksanaan Pesparawi.

"Kami juga akan menyusun rekrutmen tenaga, proses rekrutmen tentu saja dari redistribusi tenaga yang ada di Puskesmas,” tutur Reynold.

PSC 119 merupakan layanan cepat tanggap darurat kesehatan. Layanan ini dibenuk tahun 2016 bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan untuk membantu penangan kesehatan terhadap masyarakat yang tidak hanya berhubungan dengan kecelakaan tetapi juga dalam situasi kritis.

Sebagai contoh bila ada masyarakat yang menghubungi 119, maka call center akan menanyakan dimana lokasi kejadian berada dan akan mengarahkan ambulans dari Puskesmas, pos kesehatan, rumah sakit pemerintah yang paling dekat dengan lokasi kejadian.

PSC 119 saat ini baru menggunakan nomor lokal, tapi ke depan akan jadi nomor layanan yang terintegrasi dengan layanan kepolisian dan kebakaran.

 

Reporter: Anya Fatma
Editor: Batt

 

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar