seputarpapua.com

KPUD Tunggu Kepastian NPHD Dari Pemda Mimika

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
KPUD Tunggu Kepastian NPHD Dari Pemda Mimika

TIMIKA I Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Mimika, Papua hingga saat ini belum bisa melaksanakan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Mimika yang akan dilaksanakan pada Pilkada Serentak 2018 mendatang.

Pasalnya sampai saat ini Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk penganggaran Pilkada belum direalisasikan oleh Pemkab Mimika.

Demikian disampaikan Divisi Teknis KPUD Mimika, Derek Mote saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (25/9/17).

“Secara nasional pentahapan Pilkada sudah dimulai dua bulan lalu. Tapi untuk di Mimika pelaksanaan pentahapan belum bisa dilakukan, karena masih terkendala oleh NPHD,”katanya.

Kata dia, untuk NPHD ini pihaknya mengajukan Rp80 miliar. Namun dari jumlah tersebut masih dilakukan rasionalisasi oleh pemerintah daerah dan tim anggaran. Dimana untuk rasionalisasi sudah dilakukan dua kali, bersama pemerintah daerah, KPU, Bawaslu, dan TNI-Polri.

“Untuk NPHD ini kami sudah ajukan Rp80 miliar. Dari jumlah tersebut masih dilakukan rasionalisasi. Dimana untuk pertemuan rasionalisasi sudah dilakukan dua kali,”terangnya.

Mote menjelaskan, anggaran yang diajukan ke pemerintah daerah akan digunakan untuk perencanaan dan pelaksanaan. Untuk pelaksanaan Pilkada 2018 mendatang berbeda dengan pelaksanaan pada 2014 lalu. Dimana, jumlah Distrik, Kelurahan dan Kampung bertambah.

“Distrik ada pemekaran enam distrik, sehingga sekarang menjadi 18 distrik. Kelurahan dari 17 menjadi 19. Dan untuk kampung dari 133 menjadi 153 kampung,”jelasnya.

Lanjutnya, dengan kondisi tersebut, maka apabila NPHD sudah disetujui dan dicairkan oleh pemda, maka pihaknya akan memulai pelaksanaan pentahapan. Berdasarkan peraturan KPU, bahwa untuk NPHD secara nasional jadwal terakhir pada 27 September 2017 nanti.

“Kami harap pemda bisa segera merasionalisasi dan mencairkan NPHD. Sehingga kami bisa melaksanakan tahapan Pilkada, mulai publikasi jadwal sampai pada pelaksanaan,”ujarnya.

Disinggung masalah Daftar Pemilih Tetap (DPT), Mote mengatakan, apabila NPHD ini sudah disetujui dan dicairkan oleh pemda, maka kami akan sosialisasi DPT pada November 2017 nanti, terutama pada pemilih pemula.

Walaupun demikian, untuk DPT pihaknya masih menunggu Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilihan (DP4) dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

“Setelah semuanya sudah didapatkan, maka kami akan melakukan verifikasi dan menetapkan DPT untuk Pilkada 2018 nanti,”tuturnya.

Sementara Sekda Mimika, Ausilius You mengatakan, menyangkut NPHD dana Pilkada 2018 yang diajukan oleh KPUD Mimika, pihaknya sudah membuatkan naskah. Namun untuk realisasinya masih menunggu petunjuk dari Bupati Mimika, Eltinus Omaleng.

“Naskah sudah disiapkan, dan sekarang ini menunggu petunjuk dari Bupati. Termasuk besaran dari anggaran yang direalisasikan nanti,”terangnya.(mjo/SP)

Berita Terkait
Baca Juga