Ringkus Komplotan Jambret, Anggota Dewan Ramai-ramai Apresiasi Kapolres Mimika

Selasa, 28 Jan 2020 23:44 WIT
BERBINCANG | Rombongan Anggota DPRD berbincang dengan Kapolres Mimika AKBP I Gde Era Adhinata terkait penangkapan komplotan jambret, Selasa (28/1/20).

TIMIKA | Rombongan Anggota DPRD Mimika ramai-ramai mendatangi Kantor Pelayanan Polres Mimika, pada Selasa (28/1), untuk menyampaikan apresiasi kepada kepolisian yang berhasil meringkus komplotan jambret.

Para wakil rakyat angkat jempol buat Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gede Era Adhinata setelah 'mengandangkan' para pelaku kejahatan jalanan yang cukup meresahkan warga Timika akhir-akhir ini.

Setidaknya 18 Anggota Dewan langsung menggelar pertemuan dengan Kapolres Mimika, sekaligus melihat langsung empat komplotan jambret yang ditangkap hanya kurang dari dua hari usai kejadian. 

Ketua Sementara DPRD Mimika, Iwan Anwar mengatakan, pihaknya mengapresiasi terhadap langkah tegas yang dilakukan oleh Kapolres Mimika bersama jajarannya dalam melakukan pengungkapan para pelaku. 

“Kami sangat mengapresiasi terhadap upaya Polres Mimika, yang dengan cepat mampu menangkap pelaku begal,” kata Iwan Anwar didampingi anggota DPRD Mimika lainnya yang ikut serta dalam press release yang digelar oleh Polres Mimika, Selasa.

Ia mengatakan, DPRD Mimika perlu mengapresiasi keberhasilan Polres Mimika, sebab aksi begal belakangan ini sudah sangat meresahkan masyarakat. Bahkan masyarakat merasa ketakutan dan was-was menjalankan aktivitas malam hari. 

Disamping itu, DPRD juga melakukan koordinasi dengan Polres Mimika terkait langkah penanganan aksi jambret, apalagi Mimika tahun ini melaksanakan dua event besar yaitu Pesparawi XIII dan PON XX.

Tentunya, kata Iwan, kondisi ini membutuhkan langkah-langkah untuk menciptakan kamtibmas tetap kondusif.

“Kapolres sudah jelaskan langkah-langkah yang diambil. Dan pelaku sudah ditangkap untuk diproses hukum. Karena itulah, kami sangat mengapresiasi terhadap upaya tersebut,” katanya. 

Jajaran Satuan Reskrim dan Tim Khusus Polres Mimika, Papua, pada Senin (27/1), berhasil membekuk empat komplotan jambret yang belakangan beraksi dan meresahkan warga di wilayah itu.

Empat tersangka kejahatan jalanan itu masing-masing adalah EU (23) yang berperan sebagai eksekutor lapangan, atau yang melakukan aksi penjambretan.

Kemudian tersangka ES, perempuan, berperan sebagai penadah dan ACT alias Candra juga penadah yang membeli barang hasil kejahatan dari para pelaku jambret.

Sedangkan tersangka FW alias Frans alias Putus berperan sebagai penjual barang hasil kejahatan jambret, mencari calon pembeli, atau dapat disebut sebagai 'sales marketing'.

Ini merupakan kesekian kalinya AKBP I Gde Era Adhinata berhasil mengungkap para komplotan pelaku kejahatan jalanan atau pencurian dengan kekerasan (curas) paling meresahkan di Timika. 

Sebelumnya, ketika masih berpangkat Komisaris Polisi, Era Adhinata juga pernah memimpin tim khusus dan berhasil menangkap komplotan begal yang beraksi di masa kepemimpinan Kapolres AKBP Agung Marlianto.


Reporter: Mujiono
Editor: Sevianto

 

 

Kategori:
Bagikan