Tangkap Komplotan Begal di Timika, Kapolres Dibanjiri Apresiasi

Tangkap Komplotan Begal di Timika, Kapolres Dibanjiri Apresiasi
TANGKAP | Pelaku tindak kejahatan jalanan di Timika. (Foto: Dok SP)

TIMIKA | Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Mimika, Lucky Mahakena  memberikan apresianya kepada Kapolres AKBP I Gusti Gde Era Adhinta dan jajarannya karena berhasil menangkap komplotan begal. 

Lucky menilai, langkah cepat yang dilakukan kepolisian ini untuk menjawab keresahan di masyarakat. 

Sebab baginya, begal atau pencurian dengan kekerasan yang marak terjadi di Kota Timika akhir-akhir ini merupakan fenomena kriminalitas. 

"Hal ini perlu diapreasiasi positif dengan terbukti para gembong pelaku begal, dan curas tertangkap," kata Lucki, Selasa (28/1) malam. 

Dia pun meminta kepolisian dapat mendalami  motif maupun jaringan lainnya dari pelaku ini, sehingga fenomena kriminal ini tidak terjadi lagi dikemudian hari. 

"Dibutuhkan juga pendalaman lebih lanjut tentang perilaku begal atau curas, maupun motifnya terkait sarang-sarang jejaring, dan kroni-kroninya terungkap secara utuh, sehingga tidak timbul tenggelam fenomena aksi ini kedepan lagi," ujar Lucky. 

Sebelumnya juga, pada Selasa sore rombongan anggota DPRD Mimika juga mendatangi Kantor Pelayanan Polres Mimika untuk menyampaikan apresiasinya, karena dalam waktu dua hari polisi berhasil meringkus komplotan begal.

Sebab, dalam beberapa pekan terakhir masyarakat diresahkan dengan aksi begal yang dilakukan pelaku ini.

Bahkan, masyarakat was-was untuk melakukan aktivitas di malam hari. 

"Kami sangat mengapresiasi upaya Polres Mimika dengan cepat menangkap pelaku begal,” kata Ketua Sementara DPRD Mimika Iwan Anwar didampingi belasan anggota dewan lainnya. 

Pada kesempatan ini juga para wakil rakyat melakukan koordinasi dengan kapolres terkait penanganan masalah begal, dan juga situasi kamtibmas. 

Mengingat, dalam tahun ini akan dilangsung dua event besar yakni pesta paduan gerejawi (Pesparawi) se-Papua dan Papua Barat, serta Pekan Olahraga Nasional (PON) XX.

"Kondisi ini membutuhkan langkah-langkah untuk menciptakan kamtibmas tetap kondusif," kata Iwan. 

Diberitakan sebelumnya, Timsus yang dibentuk Polres Mimika, berhasil meringkus komplotan begal yang meresahkan warga Kota Timika.

Para begal ini terdiri dari empat orang yakni, EU, FW, ACT, dan ES yang merupakan seorang perempuan.

Keempatnya memiliki peran masing-masing, di mana EU berperan sebagai eksekutor lapangan.

Sementara, FW bertugas menjual barang hasil rampasan.

Sedangkan, ACT dan ES merupakan penadah.

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata mengatakan, para pelaku ditangkap di dua lokasi berbeda di Kota Timika, pada 25 dan 26 Januari 2020.

"Kami bekerja keras dua hari untuk menangkap pelaku begal, demi menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif," kata Era dalam keterangan pers, Selasa sore. 

Sebagian dari para pelaku yang merupakan residivis ini tergolong sadis dalam melakukan aksinya.

Mereka tidak segan-segan melukai korbannya.

Dalam sebulan ini, berdasarkan tiga laporan polisi, para pelaku melakukan aksinya di depan Perumahan Pemda Jalan Cenderawasih, di depan Rumah Makan Saiyo Jalan Yos Sudarso, dan di depan Uno Mart Jalan Budi Utomo.

Menurut Era, masih ada empat pelaku yang kini buron.

"Kami masih kejar terus DPO ini," kata Era.

Adapun, barang bukti yang diamankan polisi di antaranya laptop, ponsel, surat-surat berharga milik korban, dan sebuah motor yang digunakan pelaku.

Para pelaku kini dijerat dengan Pasal 365 ayat (2) KUHP tentang pencurian dengan kekerasan, dengan ancaman kurungan penjara selama 9 tahun.

Sementara, untuk penadah disangka melanggar Pasal 480 KUHP, dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 4 tahun.

Era meminta kepada masyarakat untuk melakukan aktivitas seperti biasa, namun tetap memperhatikan situasi dan kondisi di sekitar.

"Khususnya pada saat jam-jam kecil dan daerah-daerah rawan, agar tetap selalu waspada. Apalagi bawa barang berharga saat di jalan," kata Era.

 

Reporter: STR
Editor: Aditra

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar