Polri akan Gandeng TNI Tertibkan Lalulintas di Timika

Polri akan Gandeng TNI Tertibkan Lalulintas di Timika
PERTEMUAN | Suasana pertemuan antara Kapolres Mimika dengan pimpinan dan sejumlah anggota DPRD Mimika. (Foto: Muji/SP)

TIMIKA | Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata bertekad untuk menertibkan lalulintas di Kota Timika dan sekitarnya. 

Mengingat, pada tahun ini akan berlangsung dua event besar yaitu Pesparawi XIII, dan PON XX. 

“Saya bertekad untuk tertibkan lalulintas di Kota Timika, agar saat pelaksanaan Pesparawi dan PON menjadi tertib,” kata Era saat pertemuan dengan anggota DPRD Mimika, di Pusat Pelayanan Polres Mimika, pada Selasa (28/1) sore. 

Menurut Era, berdasarkan hasil evaluasi sejak dirinya menjabat kapolres November 2019 lalu bahwa ada beberapa poin yang harus dibenahi dalam berlalulintas.

Mengingat selama ini masih banyak pengendara tidak menggunakan helm, bonceng tiga, dan anak-anak usia sekolah yang sudah bebas berkendara di jalan raya. 

"Ini yang menjadi tekad saya," ujar Era. 

Era tidak menampik, bila kurangnya keberadaan anggota polisi di lapangan dan patroli penyebab masyarakat tidak tertib berlalulintas. 

Ditambah lagi dengan jumlah personel Satuan Lalulintas yang minim. 

“Saat ini, jumlah personel Satlantas sebanyak 44 personel. Namun secara nyata yang aktif hanya sekitar 30an personel. Ini karena ada yang ijin, sakit, maupun cuti. Tapi ini bukan jadi hambatan dalam melakukan penertiban,” kata Era.

Untuk itu kata Era, mulai awal Februari ini akan lebih digencarkan operasi tertib berlalulintas dengan melibatkan semua fungsi di kepolisian. 

Mulai dari Satuan Reskrim, Intelkam, dan lainnya, serta melibatkan Satuan Brimob dan menggandeng TNI. 

Semua ini selain untuk menertibkan lalulintas, juga untuk meminimalisir tindak kejahatan di jalan raya. 

“Tujuan ini semua adalah untuk menertibkan lalulintas di Mimika. Dan meminimalisir tindak kejahatan, baik itu seperti tabrak lari, jambret, maupun begal,” terangnya.

Era menambahkan, pihaknya juga akan menetapkan empat kawasan tertib lalulintas (KTL) di Jalan Cenderawasih, Budi Utomo, Yos Sudarso, dan Hasanuddin.

“Semua itu akan kami lakukan, dan akan menindak tegas para pelanggar. Sehingga diharapkan pengendara lebih tertib dalam berlalulintas,” ungkapnya.

Terkait rencana tersebut, mendapatkan dukungan dari anggota DPRD Mimika. Dimana mereka berharap Polres Mimika lebih tegas terhadap para pelanggar. 

“Kami minta Polres lebih tegas, sehingga ada rasa takut terhadap pengendara. Karena dari rasa takut itulah, akan tercipta ketertiban berlalulintas. Termasuk penggunaan knalpot racing,” ujar Louis Paerong.

 

Reporter: Mujiono
Editor: Aditra

 

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar