Warga Jayapura Dihimbau Waspadai Musim Hujan

Warga Jayapura Dihimbau Waspadai Musim Hujan
Ilustrasi

JAYAPURA | Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Jayapura, Provinsi Papua mengimbau kepada warga mewaspadai musim hujan yang terjadi sejak Maret 2019 hingga puncak musim penghujan pada Februari 2020.

"Kini wilayah Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Jayawijaya, Merauke dan sekitarnya sudah memasuki musim penghujan. Musim penghujan berlangsung sejak Maret 2019 dengan puncak musim penghujan terjadi pada Januari hingga Februari 2020," kata Kepala BBMKG Wilayah V Jayapura, Petrus Demon Sili di Jayapura, Rabu (29/1).

Petrus mengatakan, masyarakat diharapkan lebih waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang, angin kencang dan lain sebagainya yang dapat terjadi selama periode musim penghujan.

Ia mengatakan warga yang bermukim di wilayah pesisir juga diharapkan memperhatikan risiko tinggi gelombang terhadap keselamatan pelayaran.

"Harap diperhatikan risiko tinggi gelombang terhadap keselamatan pelayaran. Untuk perahu nelayan diharapkan memperhatikan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas
1.25 meter," ujarnya.

Selanjutnya, Kapal Tongkang memperhatikan kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang diatas 1.5 meter. Kapal Ferry, kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 meter.

Sedangkan, Kapal berukuran besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar dapat memperhatikan kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 meter.

Petrus meminta kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.

 

Sumber: Antara
Editor: Misba

 

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar