RSUD Mimika Siapkan Ruang Isolasi Pasien Virus Corona

RSUD Mimika Siapkan Ruang Isolasi Pasien Virus Corona
Direktur RSUD Mimika, dr. Anton Pasulu. (Foto: Anya Fatma)

TIMIKA | Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mimika saat ini telah menyiapkan ruangan isolasi untuk menangani pasien virus Corona.

Direktur RSUD Mimika, Anton Pasulu mengatakan, persiapan internal RSUD untuk antisipasi virus Corona sudah dimulai sejak satu minggu terakhir. Persiapan ini juga sesuai dengan instruksi Kementerian Kesehatan.

Dijelaskan, beberapa tahapan sudah dijalankan mulai dari mereview SOP di rumah sakit kemudian membuat alur pelayanan terkait pasien dengan suspek virus Corona.

"Kemudian menyiapkan fasilitas ruang isolasi, alur pelayanan, dan SDM," kata Anton saat diwawancara Seputarpapua.com di Kantor Pusat Pemerintah Kabupaten Mimika, Senin (3/2).

Ruang isolasi yang disiapkan merupakan satu gedung di RSUD yang terdiri dari enam ruangan dengan satu ruang rawat intensif.

Selain ruang isolasi, RSUD juga menyiapkan fasilitas atau alat pendukung lainnya. Ia mengaku masih ada beberapa fasilitas yang kurang namun akan segera dilengkapi.

Anton menjelaskan garis besar alur pelayanan di RSUD, yang mana jika ditemukan pasien suspek terinfeksi, akan segera di isolasi di ruang isolasi dan dilakukan pemeriksaan dan penanganan sesuai dgn SOP.

Meski demikian, Anton menyebut hingga saat ini belum ada pasien yang diindikasi terinfeksi virus Corona.

"Sampai saat ini belum ada," ujarnya.

Untuk menjalankan ini, juga kata Anton, pihaknya tetap berkoordinasi dengan KKP, fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), rumah sakit yang ada di Timika dan Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika.

Reporter: Anya Fatma
Editor: Sev

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar