seputarpapua.com

APBD Perubahan Mimika Segera Diajukan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
APBD Perubahan Mimika Segera Diajukan
Sekda Mimika, Ausilius You

TIMIKA I Pemerintah Kabupaten Mimika dalam waktu dekat akan mengajukan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD) Perubahan tahun 2017 ke DPRD untuk segera dibahas.

Sekretaris Daerah Mimika, Ausilius You mengatakan, eksekutif baru mengajukan R-APBD Perubahan tersebut setelah DPRD membahas dan menetakan enam peraturan daerah (Perda) non APBD.

Tim anggaran pemerintah daerah (TAPD), katanya, juga segera membahas dan merampungkan materi APBD Perubahan baru kemudian diajukan ke DPRD untuk dibahas bersama.

“Enam Raperda non APBD kan sudah dibahas oleh DPRD Mimika. Sehingga dalam waktu dekat ini kami akan ajukan APBD Perubahan ke DPRD untuk dibahas dan ditetapkan,” kata Sekda You di Timika, Rabu (27/9/17).

Kepala Bappeda Mimika, Simon Motte mengatakan, materi APBD Perubahan  sudah dalam proses finalisasi. Ia berharap dalam waktu dekat sudah bisa diajukan ke DPRD untuk dibahas dan ditetapkan.

“Usai enam Perda ini ditetapkan, kemungkinan berselang satu minggu kami akan ajukan APBD Perubahan,” kata Simon Motte.

Motte belum bisa memastikan adanya defisit anggaran pada APBD tahun 2017. Pemkab Mimika masih berupaya untuk menyesuaikan kembali belanja daerah terhadap adanya kemungkinan target penerimaan tidak tercapai.

“Jadi saat ini belum bisa dikatakan defisit. Dan akan diketahui defisit maupun surplus, apabila dokumen yang resmi kita serahkan ke DPRD dan  dihitung angkanya kurang atau lebih,” kata Simon.   

Ia menambahkan, pemerintah daerah telah mengantisipasi defisit anggaran berdasarkan proyeksi penerimaan. Adapun target penerimaan sebesar Rp2,9 triliun masih sedang diupayakan agar bisa mencapai proyeksi tersebut.

“Salah satunya  dengan Freeport, khususnya pajak  air permukaan itu yang kita sedang usahakan. Kalau hal itu bisa, maka kita harap penerimaan yang diproyeksikan bisa kita penuhi,” ungkapnya. (mjo/SP)

Berita Terkait
Baca Juga