Polisi di Mimika Paksa Pengendara untuk Tertib Berlalulintas

RAZIA | Anggota Satlantas Polres Mimika saat melakukan razia kendaraan. (Foto: Muji/SP)

TIMIKA | Berbagai upaya terus dilakukan oleh pihak kepolisian di Mimika, Papua dalam menertibkan lalulintas. Salah satunya dengan upaya paksa, yakni mengintensifkan razia atau sweeping kendaraan.

Seperti terlihat pada Rabu (12/2) Satuan Lalulintas Polres Mimika melalukan razia di lahan pasar lama, yang bekerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub).

Begitu juga dengan Unit Lalulintas Polsek Mimika Baru (Miru) yang melakukan hal yang sama di lokasi pertigaan POM lama atau Jalan Ahmad Yani.

Ratusan kendaraan roda dua berhasil terjaring dalam razia tersebut. Kebanyakan pelanggaran yang dilakukan adalah kelengkapan surat kendaraan dan penumpang tidak menggunakan helm.

Kasatlantas Polres Mimika, AKP Viky Pandu Widhapermana mengatakan, ini kegiatan rutin yang sudah diprogramkan untuk lebih mengintensifkan razia atau penertiban para pengguna jalan.

Intensifnya razia ini bertujuan untuk lebih menertibkan pengguna lalulintas dan menyambut pelaksanaan Pesparawi XIII dan PON XX.

"Dengan razia ini diharapkan masyarakat, khususnya pengguna jalan untuk lebih tertib," katanya.

Kata dia, pada razia ini pihaknya melibatkan instansi terkait seperti Dinas Perhubungan. Tujuannya, jumlah personel semakin banyak. Namun Dishub lebih kepada trayek angkutan dan KIR kendaraan. Sementara lantas pada pelanggaran lalulintas, baik surat kendaraan, TNKB, dan helm.

"Dari satu jam melakukan razia, masih banyak pelanggaran yang kasat mata kami temukan. Termasuk pemakaian knalpot racing," terangnya.

Kasat mengatakan, dari yang kasat mata ini, pelanggaran menonjol adalah tidak menggunakan helm. 

"Sekarang ini tidak ada teguran dalam razia. Tapi lebih kepada pemberian sanksi, berupa tilang. Ini kami lakukan sebagai bentuk pemaksaan, agar masyarakat lebih disiplin. Dan ini akan terus kami lakukan secara intensif," ungkapnya.

Reporter: Mujiono
Editor: Batt

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar