00
Hari
00
jam
00
Menit
00
Detik
Banner_atas

Curi Koin Emas 71 Gram di Timika, Polisi Serahkan Pelaku ke Kejaksaan

PEMERIKSAAN | Jaksa Penuntut Umum saat melakukan pemeriksaan terhadap pelaku pencurian koin emas. (Foto: Ist/SP)

TIMIKA | Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Mimika, Selasa (11/2)  menyerahkan berkas tahap II (Penyerahan tersangka dan barang bukti) kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Mimika kasus pencurian koin emas 71 gram.

“Kami serahkan Marthen  alias Ateng pelaku pencurian koin emas 71 gram dan barang bukti ke kejaksaan,” kata (KBO) Satreskrim Polres Mimika, Iptu Andi Suhidin di ruang kerjanya, Rabu (12/2).

Andi menjelaskan, kasus ini terjadi pada 12 Desember 2019 lalu di depan Toko Emas Citra, Jalan Yos Sudarso. Saat kejadian, pelaku bersama satu orang yang masih dalam penyelidikan datang ke TKP menggunakan mobil  bertemu dengan korban yang sudah membawa koin emas. 

Kemudian, pelaku mengajak korban naik ke dalam mobil dan meminta korban memperlihatkan koin emas tersebut. Setelah melihat, pelaku mengatakan akan ditunjukkan ke bosnya.

“Selanjutnya, pelaku turun dari mobil dan pergi membawa koin emas tersebut dengan menggunakan sepeda motor yang sudah disiapkan. Alasan pergi, ingin menunjukkan koin ke bosnya. Dan korban disuruhnya menunggu. Namun karena tidak kembali-kembali, korban melaporkannya ke Polres,” katanya.

Setelah mendapatkan laporan tersebut, petugas melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap pelaku di Bandara Mozes Kilangin. Saat itu, pelaku hendak pergi ke Jayapura. " Karenanya, dalam penyerahan barang bukti kita sertakan boarding pass Pesawat Garuda," katanya.

“Awalnya, kasus ini dilaporkan atas dugaan penipuan. Namun setelah kita periksa, lebih mengarah kepada pencurian. Sehingga kita sangkakan dengan Pasal 362 KUHP,” kata Iptu Andi.

Ia menambahkan, sebelum penyerahan tahap II ke Kejaksaan, pihaknya mengantar pelaku ke klinik Tribrata guna mengecek kesehatan, dokter menyatakan pelaku dalam kondisi baik dan sehat.

“Saat ini tersangka sudah berada di Lapas Kelas II Timika dan sudah menjadi tahanan kejaksaan. Sementara untuk barang bukti berupa sepeda motor, menurut petunjuk jaksa, sementara ini kami amankan dan diserahkan saat di pengadilan,” tuturnya.

Reporter: Mujiono
Editor: Misba

 

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar