50 Tahun BK3N, Angka Kecelakaan Kerja Menurun 26 Persen

Simulasi pemadaman kebakaran pada perayaan 50 tahun Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Mimika. (Foto: Anya Fatma/SP)

TIMIKA | Diusia ke 50 tahun Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja Nasional (BK3N) angka kecelakaan menurun 26,40 persen.

Penurunan ini berdasarkan data BPJS Ketenagakerjaan, yang mana pada tahun 2018 kecelakaan kerja berjumlah 157.313 kasus. Sedangkan tahun 2019 terhitung sejak Januari hingga September terjadi penurunan 130.923 kasus. 

Pernyataan penurunan angka kecelakaan kerja ini disampaikan Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob ketika membacakan sambutan Menteri Tenaga Kerja saat memimpin upacara hari K3 Nasional di Kantor Pusat Pemerintah Kabupaten Mimika, Rabu (12/2).

Dalam sambutan itu dijelaskan, 26,40 persen angka itu masuk dalam kategori kecelakaan lalulintas pada saat pekerja melakukan perjalanan menuju tempat kerja dan kembali dari tempat kerja ke rumah.

Kecelakaan kerja mempengaruhi indeks pembangunan manusia dan pembangunan ketenagakerjaan. Untuk itu, pemerintah mengajak seluruh pemangku kepentingan baik pengusaha, serikat pekerja, pekerja dan masyarakat untuk terus meningkatkan pengawasan kesadaran pentingnya K3.

"Kecelakaan kerja tidak hanya menyebabkan kematian, kerugian materi, moril dan pencemaran lingkungan, namun Kecelakaan kerja juga dapat mempengaruhi produktivitas dan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Pada peringatan BK3N ke 50 tahun 2020 ini merupakan momentum yang strategis dan bersejarah.

"Pada usia setengah abad ini undang-undang menghadapi tantangan-tantangan baru dalam dunia ketenagakerjaan, salah satu diantaranya adalah revolusi industri," tutur John.

“Mari kita jadikan peringatan ini sebagai momentum untuk memperkuat pelaksanaan K3 secara nasional sebagai elemen penting dalam melakukan reformasi ketenagakerjaan. Komitmen ini dilakukan dalam kerangka membangun SDM unggul untuk mencapai Indonesia Maju,” tambahnya.

Badan Pusat Statistik mencatat, jumlah angka kerja pada Agustus 2019 sebanyak 133,56 juta orang dan mengalami penurunan 2,62 juta orang bila dibandingkan dengan Februari 2019. Sementara untuk penduduk yang bekerja sebanyak 126,51 juta orang. 57,5 persen dari jumlah tersebut merupakan pekerja lulusan SD dan SMP.

Pada perayaan BK3N di Mimika, diikuti oleh seluruh ASN di lingkup Pemkab Mimika, PT Freeport Indonesia dan perusahaan kontraktor serta privatisasi di wilayah PT Freeport serta BPJS Ketenagakerjaan,  juga dilakukan simulasi pemadaman kebakaran di lapangan Kantor Pusat Pemerintah Kabupaten Mimika oleh karyawan dari perusahaan kontraktor dan privatisasi PT Freeport Indonesia.

Reporter: Anya Fatma
Editor: Misba

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *