Ini Respon Pemkab Mimika atas Aksi Perusakan di Bundaran SP2-SP5

Bundaran di simpang SP2-SP5 dicoret-coret dan lampu dirusak oknum tertentu. (Foto: Ist/SP)

TIMIKA | Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR) meminta kesadaran masyarakat untuk menjaga berbagai fasilitas umum yang dibangun di daerah itu.

Permintaan ini disampaikan Kepala Bidang Bina Marga, Dinas PUPR, Bonifasius Saleo menanggapi adanya aksi vandalisme oleh oknum tertentu dengan mencoret-coret dan merusak lampu di Bundaran SP2-SP5, Timika.

"Jadi kita dari Dinas PUPR minta kesadaran masyarakat. Itu kan untuk kepentingan kita bersama, keindahan kota kita bersama," katanya saat diwawancara di Kantor Pusat Pemerintah Kabupaten Mimika, Kamis (13/2).

Boni mengungkapkan, pengrusakan di bundaran ini buka pertama kali, sebelumnya juga sudah pernah dilakukan. 

"Waktu lalu juga sudah pernah pecah satu lagi dilempar," ungkap Boni.

"Jangan apa yang kita sudah bangun untuk keindahan kota kita, malah kita rusaki sendiri," tambahnya.

Pengrusakan seperti ini, menurutnya, bisa memberikan penilaian buruk dari orang yang datang dari luar terhadap masyarakat di Mimika.  

"Akhirnya orang dari luar datang ke Timika akan mengatakan bahwa kita di Mimika ini belum sadar dengan pembangunan yang ada," tuturnya.

Bundaran itu, kata dia, merupakan ikon untuk memperindah kota Timika, sehingga Ia meminta kepada masyarakat untuk bisa menjaganya.

"Kita lihat sudah ada pinang, botol minuman sudah ada dalam situ. Intinya masyarakat Mimika ini belum punya kesadaran," katanya.

Sementara untuk perbaikan kerusakan yang terjadi, Boni menyebut pada kontrak dengan pihak penyedia, ada 5 persen anggaran yang dianggarkan untuk pemeliharaan bundaran.

"Jadi itu masih ada pemeliharaan 5 persen, nanti kita informasi ke penyedia untuk itu. Kalau bisa nanti menyelesaikan itu coretan-coretan dan patah lampu satu kalau tidak salah," jelasnya.

Ia menambahkan, untuk peresmian dan juga pemberian nama bundaran masih akan dikoordinasi oleh Kepala Dinas PUPR dengan Bupati Mimika.

"Untuk peresmian dan pemberian nama tergantung dari pimpinan," katanya.

Reporter: Anya Fatma
Editor: Sevianto

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar