00
Hari
00
jam
00
Menit
00
Detik
Banner_atas

Ribuan Warga Negara Asing Terdata Tinggal di Kabupaten Mimika

Jesaja Samuel Enock

TIMIKA | Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika mencatat sebanyak 1.093 warga negara asing (WNA) yang hingga kini tinggal di daerah itu. WNA tersebut didominasi berasal dari Australia.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Mimika, Jesaja Samuel Enock mengatakan, jumlah WNA yang berada di Kabupaten Mimika ini, berdasarkan data statistik keimigrasian setiap bulan terdapat penambahan dan pengurangan. 

Penambahan itu, katanya, terjadi biasanya terkalkulasi karena mereka sudah berada di Mimika karena urusan pekerjaan. Dimana ijin tinggalnya hingga dua tahun, khususnya bagi mereja yang bekerja. 

“Apabila ada ijin tinggal itu diperpanjang, maka itu penambahan. Walaupun ada juga ijin baru yang masuk,” katanya di Timika, Kamis (13/2). 

Dari data statistik tersebut, sebut Samuel, jumlah WNA di Mimika sampai dengan akhir Januari tercatat 1.093 orang. Rata-rata dari mereka memiliki ijin tinggal bekerja, maupun berkunjung ke keluarganya.

“Dari 1.093, jumlah WNA yang paling banyak berasal dari Australia, Amerika, Afrika Selatan, Kanada, dan Filiphina. Mereka kebanyakan bekerja di PT Freeport Indonesia, serta kontraktor dan privatisasi,” terangnya.

Ia menambahkan, untuk pengawasan sendiri, pihaknya melakukan pemeriksaan secara intensif. 

Imigrasi Mimika bekerjasama dengan PT Freeport Indonesia, khususnya untuk pemeriksaan di pintu masuk Pelabuhan Amamapare, serta Bandara Mozes Kilangin Timika.

“Sampai saat ini, baik di pelabuhan maupun bandara tidak ada pelanggaran-pelanggaran terkait keimigrasian,” katanya. 

Reporter: Mujiono
Editor: Sev

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar