Rektor Uncen Nyatakan Siap Terapkan “Kampus Merdeka”

Rektor Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Apolo Safanpo. (Foto: Antara/Alfian Rumagit)

JAYAPURA | Rektor Universitas Cenderawasih Jayapura Apolo Safanpo menegaskan pihaknya siap mendukung penerapan kebijakan “Kampus Merdeka” yang dikeluarkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 

“Uncen siap mendukung dan melaksanakan program tersebut,” kata dia di Jayapura, Kamis (13/2).

Gebrakan yang dilakukan Mendikbud Nadiem Makarim itu, katanya, bisa memudahkan perguruan tinggi dalam menghadapi berbagai rintangan dan hambatan pembangunan bidang pendidikan untuk pembentukan SDM unggul dari kalangan mahasiswa setempat.

Pada kesempatan itu, Rektor Uncen Safanpo yang mengutip pernyataan Winston Churchill tentang dunia yang sedang berubah dan mengalami perubahan secara cepat.

Ia juga mengutip Presiden Amerika Serikat Kennedy tentang upaya mencapai kemajuan.

"Bila mau maju secara signifikan kita tidak bisa melihat aturan yang selama ini membelenggu kita sehingga apa yang dilakukan Mendikbud (Nadiem Makarim, red.) merupakan gebrakan yang bisa memudahkan perguruan tinggi untuk melewati rintangan dan hambatan dunia pendidikan," katanya.

Untuk berubah ke arah yang lebih baik, kata dia, perlu dilakukan inovasi melalui empat langkah, yaitu kebijakan, regulasi, kelembagaan, dan struktur anggaran yang mendukung perubahan.

Universitas Cenderawasih Kota Jayapura, Papua saat ini memiliki 24.000 mahasiswa dan 682 dosen yang mengajar di 10 fakultas dengan 79 program studi.
 

Sumber: Antara
Editor: Sev

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *