Papua Barat Miliki Sirkuit Khusus Balap Motor Pertama di Tanah Papua

Sirkuit Dominggus Mandacan (Foto: Balapmotor.net)

MANOKWARI | Masyarakat Provinsi Papua Barat harus berbangga karena saat ini memiliki Sirkuit khusus balap Motor Road Race pertama di tanah Papua yang dibangun pemerintah setempat. 

Sirkuit yang diberi nama Sirkuit Domingus Mandacan ini memiliki panjang 1,5 Km dengan lebar untuk track lurus 10 meter. Kabarnya pada bulan April 2020 Sirkuit ini sudah bisa digunakan untuk menggelar lomba balap motor. 

Pembangunan sirkuit saat ini telah mencapai 90 persen. Semua lintasan sudah selesai dilakukan pengaspalan. 

Sirkuit yang namanya diambil dari nama sang Gubernur Papua Barat sendiri terletak di SP6 Prafi Manokwari – Papua Barat. Selain digunakan untuk balap Road Race, sirkuit yang mempunyai jumlah tikungan sebanyak 12 ini juga bisa digunakan untuk Drag Bike.

"Saat ini saya terus memantau perkembangan pengaspalan sirkuit yang saat ini tersisa 10 %. Prediksi jumat atau sabtu pengaspalan di lintasan sudah beres, sisa pematangan lintasan saja agar aspal tidak cepat rusak,” ungkap Jerry Markus Suila selaku Ketua IMI Papua Barat, di Manokwari belum lama ini. 

Pastinya dengan adanya sirkuit ini bisa menjadi tempat para pecinta balap motor di Papua Barat untuk menyalurkan hobinya dengan tepat dan bukan di jalanan.

Ajang balap motor menjadi salah satu tontonan menarik bagi masyarakat di Tanah Papua. Biasanya lomba salah satu olahraga yang menguji adrenalin ini menggunakan sirkuit dadakan atau jalan raya. 

Penggunaan fasilitas publik ini tentu akan mengganggu pengguna jalan yang lain karena sebagian jalan terpaksa harus di tutup. 

Dengan adanya sirkuit khusus balap motor tentu hal ini bisa dihindari. Selain itu sebagai sarana untuk menyalurkan hobi bagi pencinta balap motor agar tidak ugal-ugalan di jalan raya yang membahayakan dirinya dan orang lain. 

Sumber: balapmotor.net
Editor: Batt

Artikel ini telah tayang di balapmotor.net dengan judul "Pembangunan Sirkuit Dominggus Mandacan Papua Barat Hampir Selesai"

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *