seputarpapua.com

52 Anggota TNI Siap Kibarkan Merah Putih di Puncak Cartens

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
52 Anggota TNI Siap Kibarkan Merah Putih di Puncak Cartens

TIMIKA I Dalam rangka memeriahkan peringatan HUT TNI ke 72, 52 gabungan anggota TNI akan melakukan ekspedisi pendakian ke Puncak Cartens. Tim pendakian ini berencana akan mengibarkan bendera Merah Putih pada 5 Oktober 2017, puncak dari peringatan HUT TNI ke 72.

Dandim 1710 Mimika, Letkol Inf Windarto mengatakan, untuk tim ekspedisi pendakian ke Puncak Cartens ini dari komando atas, yakni Kodam XVII Cenderawasih sudah berkoordinasi dan meminta ijin ke Markas Besar (Mabes) TNI untuk melakukan pengibaran bendera Merah Putih pada puncak HUT TNI ke 72.

Kata dia, dalam pendakian ke Puncak Cartens ini, TNI tidak melaksanakan sendiri, tetapi gabungan dengan kelompok Bhineka Tunggal Ika, dan para pendaki lainnya. Dimana dalam pelaksanaan pendakian ke Puncak Cartens jumlah personel sebanyak 52 orang dan dipimpin langsung oleh Komandan Brigif 20/IJK Kolonel Inf Frits Wellem Rizard Pelamonia.

“Untuk rencana pendakian ini, hari ini tim sudah tiba. Dan akan melakukan pemeriksaan kesehatan dan Briefing di Brigif 20/IJK. Selanjutny akan berangkat naik ke Tembagapura,”jelas Dandim saat ditemui di Koramil Kota Timika, Kamis (28/9/17).

Ia menambahkan, tim pendakian ke Puncak Cartens akan melaksanakan kegiatan sampai dengan 7 Oktober 2017. Dimana pada tanggal 5 Oktober 2017 nanti, akan mengibarkan bendera Merah Putih di Puncak Cartens. Sementara yang ada di area kota akan melaksanakan upacara di lapangan upacara Puspemkab Mimika.

“Pas puncak HUT TNI, tim akan mengibarkan bendera Merah Putih di atas,”ujarnya.

Sementara dengan adanya rencana kegiatan tersebut, dan untuk mengantisipasi pasca terjadi penembakan di area Freeport. Dandim mengatakan, pihaknya sudah melakukan evaluasi dan melihat tempat kejadian perkara (TKP). Serta berkoordinasi dengan Satgas Amole dan security  SRM PT Freeport, akan meningkatkan pengamanan dengan menempatkan titik pengamanan dari lowland (LL) ke highland (HL).

“Pengamanan pasca penembakan di area tambang, sudah dilakukan dengan meningkatkan pengamanan di beberapa titik. Dan akan melibatkan Satgas Amole, TNI-Polri ditambah penebalan Brimob dari luar Papua. Diharapkan pelaksanaan tim ekspedisi ke Punak Cartens bisa berjalan dengan baik,”ungkapnya.(mjo/SP)

Berita Terkait
Baca Juga