00
Hari
00
jam
00
Menit
00
Detik
Banner_atas

Tim Gabungan Tembak Mati Anggota KKSB di Intan Jaya

Ilustrasi (Foto: Dok/SP)

TIMIKA | Tim gabungan TNI/Polri terlibat kontak tembak dengan kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) di sekitar Kampung Gulanggama dan Japaro, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Selasa (18/02/20).

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel CPL Eko Daryanto mengatakan, kontak tembak terjadi sekitar pukul 07.20 WIT saat tim gabungan Satgas Gakkum TNI/Polri melaksanakan patroli keamanan.

"Saat patroli pasukan melihat KKSB di sekitar Kampung Gulanggama Kompleks dengan membawa 2 pucuk senjata," katanya dalam siaran pers, Rabu (19/2). 

Dikatakan, pada saat pengejaran masih terjadi kontak tembak hingga KKSB melarikan diri ke arah Distrik Ugimba, dengan melewati jurang dan semak belukar. 

iklan_lokal_dalam_berita

Beberapa saat setelah kontak tembak, tim gabungan menemukan sesosok mayat diduga anggota KKSB yang tewas tertembak, diketahui bernama Meki Tipagau (18 th).

"Meki Tipagau, suku Moni yang berhasil dilumpuhkan saat kontak tembak karena membawa 1 pucuk senjata," ujar Daryanto.

Menurut keterangan yang diperoleh aparat dari kepala suku setempat, Meki Tipagau memang telah bergabung dengan TPNPB, sayap militer Organisasi Papua Merdeka (OPM) beberapa waktu lalu. 

"Saat tertembak, 1 pucuk senjata sempat dibawa lari oleh KKSB lainnya," kata dia. 

Selain korban tewas, baku tembak tersebut juga melukai seorang remaja perempuan berumur 14 tahun, Kina Sani. Aparat mengklaim korban luka akibat terkena rekoset (peluru memantul). 

"Posisi mereka dibawah lembah sehingga menembak membabi buta ke arah pasukan. Sementara tim gabungan yang berada di posisi ketinggian, sehingga tembakan KKSB mengenai seorang perempuan," kata Daryanto. 

Korban luka telah mendapat perawatan dan dievakuasi ke Sugapa, dan akan dilanjutkan ke Timika untuk pengangkatan proyektil peluru yang bsrsarang di tubuh korban.

"Barang bukti lain yang didapat tim gabungan diantaranya 1 unit laptop, 1 unit Handphone, 1 unit HT, 2 pucuk senjata rakitan, 1 unit mesin fax, 1 buah busur panah dan beberapa anak panah," jelasnya.

 

Reporter: Sevianto
Editor: Misba

 

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar