00
Hari
00
jam
00
Menit
00
Detik
Banner_atas

Polisi Periksa Sejumlah Kepala Kampung di Mimika Terkait Dana Desa

Michael R Gomar (Foto: Dok/SP)

TIMIKA | Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Mimika, Michael R Gomar mengatakan, saat ini sejumlah kepala kampung di Mimika diperiksa polisi terkait penggunaan dana desa (DD)

Meski tidak menyebutkan identitas maupun kampung yang diperiksa, namun kata Gomar, pemeriksaan yang dilakukan polisi bisa menjadi pembelajaran bagi kepala kampung untuk mengunakan dana desa sesuai aturan.

“Kami sudah koordinasi dengan Polres Mimika terkait penggunaan DD dan sudah ada beberapa kampung yang diperiksa,” kata Gomar saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (19/2).

Katanya, setiap tahun pihaknya memberikan pelatihan dan pemahaman terkait penggunaan DD kepada kepala kampung.

iklan_lokal_dalam_berita

"Kalau awal-awal penggunaan DD di 2015 dan 20116, ada kesalahan mungkin masih bisa ditolerir. Tapi 2017-2019, kami sudah berikan pelatihan. Ditambah lagi sekarang sudah menggunakan sistem keuangan desa (siskedes) yang mempermudah aparat kampung, DPMK, dan BPKAD dalam pelaksanaan program dana desa. Serta laporan pertanggungjawaban," jelasnya.

Ditambah lagi, adanya sistem Omspan dari KPPN yang lebih mempercepat dalam laporan pertanggungjawaban. Dimana, laporan ini mendukung pencairan DD dari kementerian keuangan kepada pemerintah daerah.

Sementara menyangkut pengawasan penggunaan DD, Gomar berharap setiap kepala distrik memainkan perannya untuk mengawasi setiap program yang dilakukan di setiap kampung.

“Karena tugas pembinaan dan pengawasan, melekat langsung ke kepala distrik sesuai dengan UU nomor 6 tahun 2014, Permendagri dan Permendes,” tuturnya.

Selain itu,  anggaran untuk melakukan verifikasi terhadap penggunaan DD di lapangan juga terbatas.

“Karenanya, kami hanya memverifikasi bukti atau dokumen penggunaan DD dan laporan yang masuk sebagai pencairan tahap berikutnya, karena DD dicairkan dalam tiga tahap,” terangnya.

 

Reporter: Mujiono
Editor: Misba

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar