DPR Papua Siap Dorong Alokasi Dana Pelaksanaan PON XX

TINJAU | Bupati Mimika bersama Anggota DPRP meninjau GOR Futsal. (Foto: Anya Fatma/SP)

TIMIKA | Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) melakukan kunjungan ke Mimika untuk memonitor persiapan pelaksanaan PON yang tinggal 243 hari lagi.

Ketua Komisi V DPRP Timiles Yikwa mengatakan, sesuai dengan penyampaian dari Ketua Harian PB PON Provinsi Papua Yunus Wonda bahwa dana yang telah disiapkan sebesar Rp 2 Triliun.

"Dan ini akan segera dialokasikan kepada masing-masing cabang. Kami akan mengundang dan segera eksekusi kepada cabang yang sudah disiapkan," katanya usai pertemuan dengan Sub PB PON dan KONI Mimika di Hotel Grand Mozza, Timika, Kamis (20/2).

Katanya, ini merupakan pertama kalinya DPRP melakukan kunjungan sebagai panitia kerja PON XX, dan dalam pertemuan tersebut telah dibahas secara serius segala kebutuhan untuk pelaksanaan PON XX.

"Untuk Persiapan di Timika saya kira sudah 100 persen, masalahnya hanya antara cabang di timika kurang kontrol dari PB PON provinsi," kata Yikwa.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Umum KONI Mimika Eltinus Omaleng melalui Sekretaris Umum KONI Mimika Cesar Avianto Tunya menyampaikan kesiapan beberapa venue yang telah rampung dibangun hingga beberapa persiapan lainnya.

Sementara itu Eltinus Omaleng kepada para anggota DPRP mengatakan bahwa Mimika sangat siap untuk menyelenggarakan PON XX Tahun 2020.

"Mereka (DPRP-Red) ini monitoring kesiapan PON di Kabupaten Mimika. Kami jelaskan bahwa kami sudah siap sesuai dari yang kami presentasikan tadi selanjutnya kami ajak mereka melihat sendiri agar kelihatan nyata bahwa kita sudah siap,” tutur Bupati.

*Kunjungi Venue-venue PON di Mimika*

Para wakil rakyat itu juga berkesempatan meninjau langsung sejumlah venue yang telah dibangun, baik oleh Pemerintah Kabupaten Mimika maupun PT Freeport Indonesia.

Didampingi Bupati Mimika Eltinus Omaleng dan jajaran para anggota DPRD ini diajak melihat mulai dari GOR Futsal lokasi rencana pembangunan stadion, Mimika Sport Center, Bandara Mozes Kilangin hingga mengunjungi Kantor Pusat Pemerintah Kabupaten Mimika.

Pada kunjungan ke beberapa venue membuat para anggota DPRP itu terpukau dan mengakui bahwa Mimika merupakan klaster yang paling siap untuk melaksanakan PON XX, tidak hanya dari kesiapan venue tetapi juga beberapa pendukung lainnya.

Jack Komboi mengaku sangat kagum dengan kesiapan Mimika dalam menyiapkan venue-venue.

Menurutnya, Bupati Eltinus benar-benar serius dalam mempersiapkan Kabupaten Mimika untuk menjadi salah satu penyelenggara perhelatan akbar itu.

“Pak Bupati begitu luar biasa karena bisa mempersiapkan dengan sangat baik sekali, kami patut memberikan apresiasi kepada Bupati Mimika yang sangat sigap mempersiapkan PON XX tahun 2020 ini,” tutur Jack.

 

Reporter: Anya Fatma
Editor: Aditra

 

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar