Bupati Mimika Tegaskan Anggaran untuk PON Dibutuhkan Segera

Mimika Sport Complex (MSC) yang dibangun PT. Freeport Indonesia di Timika menjadi salah satu arena olahraga untuk PON 2020. (Foto: Dok SP)
Mimika Sport Complex (MSC) yang dibangun PT. Freeport Indonesia di Timika menjadi salah satu arena olahraga untuk PON 2020. (Foto: Dok SP)

TIMIKA | Bupati Mimika Eltinus Omaleng menegaskan bahwa berbagai kegiatan persiapan PON XX Papua tidak bisa terlaksana lantaran anggaran belum terealisasi dari pusat maupun provinsi. 

Bupati Omaleng mengatakan Mimika sebagai salah satu klaster penyelenggara PON Papua masih menunggu realisasi anggaran tersebut yang diajukan sebesar Rp600 miliar. 

"Kalau 600 miliar itu tidak segera direalisasi, maka PON ini bisa batal. Karena dana itu kita butuh dalam bulan Maret sampai April ini," katanya di Timika, Rabu (26/2).

Mimika sebagai kabupaten penyelenggara cabang olahraga kedua terbanyak pada PON Papua, kata Omaleng, tentu saja membutuhkan anggaran besar untuk kesiapan infrastruktur maupun panitia. 

"Kita butuh anggaran yang besar untuk PON. Sedangkan APBD Mimika itu bukan untuk PON saja, tapi itu untuk pembangunan," kata bupati dua periode ini.

Menurut Omaleng, anggaran yang diajukan tersebut antaralain akan digunakan untuk pelatihan, bimtek, membayar uang muka penginapan kontingen, dan lainnya. 

Sementara sejauh ini, katanya, belum ada anggaran sama sekali direalisasi dari pusat maupun provinsi, di luar pembangunan venue olahraga dan asrama atlet oleh Kementerian PUPR. 

"Kami dengar sudah masuk Rp2 triliun lebih di provinsi, tapi ngapain ditahan-tahan disana. Harusnya segera diturunkan ke kabupaten," ujarnya.

Sebelumnya, Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) melakukan kunjungan ke Mimika untuk memonitor persiapan pelaksanaan PON yang akan dihelat pada Oktober tahun ini.

Ketua Komisi V DPRP Timiles Yikwa mengatakan, sesuai dengan penyampaian dari Ketua Harian PB PON Provinsi Papua Yunus Wonda bahwa dana yang telah disiapkan sebesar Rp2 triliun.

"Dana ini akan segera dialokasikan kepada masing-masing cabang. Kami akan mengundang dan segera eksekusi kepada cabang yang sudah disiapkan," katanya.

Reporter: Sevianto
Editor: Misba

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar