00
Hari
00
jam
00
Menit
00
Detik
Banner_atas

BNNK Mimika Amankan Tembakau Sintetis yang Bisa Bikin Halusinasi

TEMBAKAU | Penyuluh BNNK Mimika saat menjelaskan terkait tembakau sintetis yang diamankan. (Foto:Muji/SP)

TIMIKA | Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Mimika, Papua berhasil mengamankan delapan paket tembakau sintetis jenis golden barong. Hasil tangkapan ini dimusnahkan di Pusat Pelayanan Polres Mimika bersamaan dengan pemusnahan narkotika jenis sabu dan ganja oleh Satuan Narkoba Polres Mimika, Senin (2/3). 

Kepala BNNK Mimika, Kompol Mursaling melalui Penyuluh BNNK Mimika, Hidayah Ajeng Aryanti mengatakan, untuk tembakau sintetis sebanyak 34,4 gram ini kita amankan pada 15 Februari 2020 di Jalan Pendidikan. 

“Tembakau sintetis ini, dipesan secara online melalui media sosial. Kemudian diedarkan oleh pelaku,” kata Hidayah.

Kata dia, untuk tembakau sintetis ini dipesan secara online. Dimana pelaku memesan sebanyak 50 gram dengan harga Rp1 juta. Kemudian dijual Rp300 ribu per gram.

iklan_lokal_dalam_berita

Bagi pengguna, tiga kali hisapan bisa membuat orang berhalusinasi karena mengandung zat kimia MDMB-4EN-PInaca yang berbahaya.

“Sasaran dari peredaran tembakau sintetis sendiri adalah remaja. Karena untuk mengkonsumsinya seperti rokok. Tapi bisa membuat orang berhalusinasi dan sangat berbahaya,” katanya.

Namun demikian, kata dia, kasus ini belum bisa diproses ke ranah hukum. Karena saat dilakukan uji ke laboratorium forensik di Polda Sulawesi Selatan (Sulsel), hasilnya negatif bukan narkotika.

Selain itu, di lampiran Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) yang terbaru, belum diatur terhadap tembakau sintetis ini. Sehingga, pihaknya berharap kedepan sudah dimasukkan ke dalam Permenkes, agar bisa diproses secara hukum.

“Karena tidak termasuk golongan narkotika dan belum diatur dalam Permenkes, maka belum bisa diproses secara hukum. Tapi mengandung zat berbahaya, karena pemakainya bisa berhalusinasi,” tuturnya.

 

Reporter: Mujiono
Editor: Batt

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar