00
Hari
00
jam
00
Menit
00
Detik
Banner_atas

Razia, Polisi Temukan Mobil Pemda Diganti Plat Hitam

RAZIA - Petugas Satlantas Polres Mimika saat melakukan pemeriksaan terhadap satu unit mobil pada saat razia tertib berlalulintas. (Foto: Ist/SP)

TIMIKA | Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Mimika, pada saat melakukan razia kendaraan dalam rangka tertib lalulintas, Selasa (10/3) menemukan mobil dinas pemerintah daerah (Pemda) diganti pelat hitam.

Kasat Lantas Polres Mimika, AKP Viky Pandu Widhapermana mengatakan, saat melakukan razia di depan Unit Pelayanan Satlantas di Jalan Budi Utomo, anggota menemukan tiga unit kendaraan dinas milik pemerintah daerah pelat atau tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) yang seharusnya merah berubah menjadi hitam.

Perubahan ini kemungkinan, karena di daerahnya tidak bisa dilalui mobil, seperti Asmat. Namun tetap ditilang sesuai prosedur.

"Ada tiga mobil dinas yang pelat nomornya diganti dari merah jadi hitam, yakni dari daerah Asmat dan Merauke," kata Kasatlantas saat dihubungi melalui telepon selulernya.

iklan_lokal_dalam_berita

Sementara untuk razia kali ini tidak ada yang terjaring dari Mimika. Namun dari pemantauan yang ada, sering ditemukan mobil dinas Pemkab Mimika berplat hitam.

Tanda dari bahwa itu mobil dinas adalah memiliki empat nomor atau angka. Dan nomor depannya diawali dengan angka 5.

"Sesuai registrasi yang ada, mobil dinas pemerintahan diawali dengan angka 5. Jadi kalau menemukan mobil dengan pelat nomor diawali angka 5 adalah milik dinas," terangnya.

Kata Kasat, menurut aturan tidak diperbolehkan mobil dinas digunakan bukan untuk keperluan dinas. Apalagi sampai pelat nomornya diganti dengan warna hitam.

"Untuk mobil dinas dari Mimika, saya sudah koordinasi dengan Pak Sekda. Beliau sampaikan kalau ada untuk disampaikan, untuk mendapatkan sanksi. Tapi dari kami tetap akan ditilang," ujarnya.

 

Reporter: Mujiono
Editor: Misba Latuapo

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar