Cara Cerdik Pertamina Wilayah Maluku-Papua Melawan COVID-19

SOSIALISASI | Pertamina MOR VIII menggelar sosialisasi CERDIK melawan Covid-19. Foto: Humas Pertamina MOR VIII. (Foto: Ist/SP)

JAYAPURA | Pertamina menggelar healthy talk dengan tema Cerdik Melawan Coronavirus (COVID – 19) sebagai  bentuk edukasi pencegahan penyebaran wabah tersebut.

Kegiatan ini diselenggarakan di Kantor Unit Pertamina Marketing Operation Region VIII Jayapura pada Kamis (12/3) pagi.

Kegiatan edukasi pencegahan COVID-19 ini dikemas dengan konsep yang dibuat secara ringan dan kekinian menggunakan platform TikTok untuk menyampaikan tema CERDIK melawan COVID-19. 

Sebagai langkah yang telah diambil yaitu dengan menampilkan video cuci tangan dan masker dalam kegiatan edukasi tersebut. 

Melalui media TikTok yang sedang tren, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran pekerja senantiasa ingat penggunaan masker dan cuci tangan yang baik dalam menjaga kebersihannya. 

Unit Manager Communication, Relations, & CSR MOR VIII PT Pertamina (Persero), Edi Mangun, mengungkapkan bahwa melalui 
healthy talk ini pekerja diharapkan dapat melakukan tindakan pencegahan dengan meningkatkan kebersihan melalui cuci tangan dengan baik dan menjaga kesehatan. 

“Pertamina sudah mengambil langkah-langkah untuk pencegahan dan kewaspadaan virus Corona. Salah satunya dengan mendeteksi suhu tubuh setiap pagi saat memasuki gedung utama kantor MOR VIII dan juga Perusahaan sudah membentuk task force pencegahan infeksi COVID-19 agar pekerja dapat melaksanakan tugas seperti biasa, namun tetap waspada dan menjaga kesehatan,” ujar Edi dalam keterangan tertulis kepada Seputarpapua.com.

"Sesuai dengan tema kegiatan hari ini, Pertamina terus berkomitmen melawan penyebaran wabah COVID-19 melalui langkah CERDIK. CERDIK sendiri merupakan singkatan dari Cek kesehatan secara rutin; Enyahkan asap rokok; Rajin beraktivitas fisik; Diet seimbang; Istirahat cukup; dan Kelola stres," tambah Edi.

Selain itu, Edi menambahkan bahwa kewaspadaan di seluruh sektor memegang peranan yang vital untuk mencegah penyebaran COVID-19. 

"Bagi pekerja di kapal tanker pengangkut BBM, juga dihimbau untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap Bidang Pelabuhan, Perkapalan dan Kelautan. Khususnya terkait dengan awak kapal, penumpang, pemilik kapal, dan pemangku kepentingan yang terlibat di pelabuhan maupun terminal," tutup Edi. 

Peningkatan kewaspadaan pada pekerja perkapalan mengacu pada pedoman yang dikeluarkan WHO.

Pencegahan yang dilakukan diantaranya adalah rajin mencuci tangan menggunakan sabun ataupun hand sanitizer yang mengandung alkohol. Menghindari memegang mata, mulut, dan hidung. 

Kemudian  menggunakan tissue ketika batuk ataupun bersin, serta menjaga jarak dengan orang yang sakit minimal satu meter.

Pertamina terus meningkatkan kewaspadaan pencegahan penyebaran COVID-19 di seluruh lokasi operasional dan memastikan para pekerja berada di lingkungan kerja yang aman dan dalam kondisi prima. 

 

Reporter: Aditra
Editor: Misba Latuapo

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *