00
Hari
00
jam
00
Menit
00
Detik
Banner_atas

UNBK Tingkat SMK di Mimika Diikuti 1.406 Peserta

UJIAN - Suasana pelaksanaan UNBK tingkat SMK yang dilaksanakan di SMKN 3 Mimika. (Foto: Muji/SP)

TIMIKA | Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Mimika, Papua, diikuti 1.406  peserta.

Pelaksanaan UNBK sendiri dilaksanakan mulai 16-19 Maret 2019.

Pembukaan pelaksanaan UNBK tingkat SMK wilayah Meepago B tahun ajaran 2019/2020 dipusatkan di SMKN 3 Mimika, pada Senin (16/3). Wilayah Meepago B meliputi, Kabupaten Mimika, Asmat, dan Puncak.

UNBK dibuka Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob, ditandai dengan pelepasan balon, dengan dihadiri Kasie Kurikulum Dinas Pendidikan, Perpustakaan, dan Arsip Daerah Provinsi Papua, Maks Karu.

iklan_lokal_dalam_berita

Ketua Panitia Ujian Nasional Kabupaten Mimika, Manto Ginting mengatakan, di Mimika terdapat 24 SMK, namun UNBK di tahun lajaran 2019/2020 diikuti 1.406 siswa dari 22 sekolah.

“Sementara dua sekolah lagi, yakni SMK Don Bosco dan Penerbangan masih menggelar Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) dengan jumlah 54 siswa,” kata Manto di sela-sela pembukaan UNBK.

Dari 22 SMK yang melaksanakan UNBK, 18 sekolah melaksanakan secara mandiri atau menggunakan fasilitas sendiri di sekolah.

Sedangkan empat sekolah masih menumpang di sekolah lain, diantaranya SMK Pelayaran Cendrawasih Timika, SMK Negeri 4 Mimika, SMK Negeri 5 Mimika dan SMK YPPGI.

“Tahun ini ada kenaikan jumlah SMK yang melaksanakan UNBK. Dimana di 2019 hanya 20 sekolah,  dan yang mandiri sebanyak 16 sekolah. Ini menunjukkan bahwa SMK di Mimika memiliki kemauan keras dalam memajukan pendidikan di daerah ini,” ujarnya.

Teknis pelaksaan UNBK tahun ini ada kebijakan, yang mana apabila ada siswa yang terlambat lebih dari satu jam, maka akan dimasukkan dengan sesi ke empat.

“Dengan perlakuan seperti itu, maka tidak mempengaruhi sesi yang lain,” ujarnya.

Menurut dia,  tahun ini merupakan pelaksanaan UNBK terakhir, sehingga untuk tahun depan akan menggunakan sistem evaluasi lainnya, yaitu Assessment Kompetensi Minimal (AKM).

“Sampai sekarang belum ada petunjuk teknis, terkait dengan perubahan dari UNBK ke AKM. Dan modelnya merupakan gabungan dari semua mata pelajaran,” tuturnya.

 

Reporter: Mujiono
Editor: Aditra

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar