00
Hari
00
jam
00
Menit
00
Detik
Banner_atas

Sempat Kontak Dengan Pasien Positif Corona, Satu Warga Diisolasi di RSUD Jayapura

RSUD Jayapura (FOTO : Antara)

JAYAPURA | Seorang warga Tanah Hitam Distrik Abepura, Kota Jayapura berumur sekitar 46 tahun menjalani isolasi di RSUD Jayapura sejak Minggu (15/3) siang.

Pasien tersebut mendatangi rumah sakit karena memiliki keluhan mirip dengan virus corona. 

"Sejak kemarin ada satu laki-laki dengan umur kisaran 46-47 tahun tersebut mendatangi Rumah Sakit sejak kemarin siang dengan keluhan mirip gejala Virus Corona. Sehingga diisolasi di RSUD Dok Dua Jayapura," kata Kepala RSUD Jayapura, drg. Aloysius Giyai, pada Senin (16/3) siang.

Aloysius menjelaskan, dari hasil penelusuran diketahui bahwa pasien tersebut memiliki riwayat kontak dengan pasien positif corona dari Bogor, Jawa Barat pada 29 Februari lalu.

"Pada tanggal 24 – 29 Februari lalu pasien ini memiliki riwayat kontak dengan pasien positif corona dari Bogor, Jawa Barat. Dengan hasil itu, maka kami langsung menetapkan pasien tersebut dengan setatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan kita masukkan di ruang isolasi RS Jayapura," jelasnya.

Selanjutnya kata Aloysisu, untuk mengetahui pasti apakah pasien tersebut positif atau negatif Virus Corona,  maka pihaknya melakukan pengambilan sampel untuk uji laboratorium.

"Kita akan ambil sampel darah untuk dikirim ke Balitbangkes untuk menentukan apakah positif Virus Corona atau tidak, setelah itu diharapkan dalam waktu 3-5 hari hasilnya sudah keluar dan sampai ke kita," terangnya.

Lebih lanjut,  kata Aloysius, setelah mendapatkan hasil laboratorium dan dinyatakan positif Corona, maka akan langsung dilakukan tracking ke keluarga, kerabat dan orang-orang yang pernah kontak dengan pasien sejak tanggal 29 Februari hingga pasien melapor ke Rumah Sakit.

"Kita akan melaporkan kasus ini, kemudian tim dari Dinas Kesehatan Papua akan melacak kontak dengan pasien. Ada Satgas virus Korona juga yang sudah dibentuk, sehingga nanti tracking dilakukan. Mereka akan mencari siapa saja yang melakukan kontak dengan pasien," bebernya.

Meski sudah ada satu warga yang memiliki gejala Virus Corona, namun Mantan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua ini meminta agar masyarakat tidak panik karena pasien tersebut belum dinyatakan positif Corona.

"Kami berharap jangan panik, jaga kondisi tubuh, daya tahan tubuh, makan yang teratur, istirahat yang cukup, hindari kumpul – kumpul yang tidak urgen dan biasakan di rumah saja," pesannya.

"Lakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat atau puskesmas jika meraskan gejala- gejala Virus Corona, meski flu biasa juga mirip  tapi bagusnya periksa ke pelayanan kesehatan," pungkasnya.

Reporter: Fnd
Editor: Aditra

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar