Mendagri Komitmen Sukseskan Pilkada Serentak

Mendagri Komitmen Sukseskan Pilkada Serentak
Mendagri Komitmen Sukseskan Pilkada Serentak

TIMIKA I Menteri Dalam Negeri (Mendagri) berkomitmen mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 yang akan dilaksanakan di 171 daerah, kabupaten/kota dan provinsi, termasuk di Mimika.

“Pilkada serentak ini merupakan agenda nasional, karenanya Mendagri berkomitmen untuk mensukseskannya,”kata Kasi Peserta Pemilu, Subdit Kelembagaan Parpol Direktorat Politik Dalam Negeri, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI Dr.Drs.H. Andi Muh.Yusuf, MSi saat ditemui wartawan di Bobaigo, Keuskupan Timika, Rabu (11/10/17).

Untuk itu, semua stakeholder  khususnya  penyelenggara Pemilu dan pihak keamanan TNI-Polri, harud betul-betul mengawal proses demokrasi yang tinggal menghitung bulan.

“Inikan program Nasional terkait Pilkada serentak, saya pikir Pemerintah dalam hal ini akan memaksimalkan semua stakholder untuk menyukseskan Pilkada ini,”tambahnya.

Sementara untuk daerah yang sering terjadi konflik Pemilu, , untuk masalah Pilkada di wilayah Papua dan Mimika khususnya, telah dilakukan mediasi untuk menyelesaikan beberapa persoalan terkait Pilkada 2018 nantinya.

Sebelum Pilkada dilaksanakan, kata dia, perlu adanya pendidikan politik yang bisa dilakukan oleh seluruh komponen, baik penyelenggara Pemilu, Partai Politik, Pemerintah Daerah, LSM, perguruan tinggi, dan media. Dimana untuk parpol hendaknya melakukan kampanye politik dengan tidak melakukan black campaign atau propaganda yang dapat memicu terjadinya kerusuhan.

Sementara untuk LSM dan penggiat Pemilu, untuk memberikan pemaparan tentang latar belakang figure calon kepala daerah. Dan bagi media, memberikan pemberitaan yang berimbang, obyektif terhadap calon kepala daerah.

“Pilkada ini kan pesta demokrasi untuk memilih kepala daerah. Sehingga butuh komitmen semua elemen yang terlibat dalam Pemilu, agar pelaksanaannya bisa bersih, jujur, dan adil. Dengan demikian, tidak akan terjadi konflik yang terjadi. Dan lebih mengedepankan, siap kalah dan siap menang,”tuturnya.(mjo/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *