Panitia HSN Mimika Gelar Berbagai Lomba dan Kemah Santri

Panitia HSN Mimika Gelar Berbagai Lomba  dan Kemah Santri
RAPAT - Panitia HSN Mimika saat melakukan rapat finalisasi pelaksanaan peringatan HSN 2017

TIMIKA I Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2017 di Kabupaten Mimika, Panitia akan menggelar berbagai perlombaan, yakni lomba Tanfiz Al Qur’an, Adzan, cerdas cermat dan kemah santri.

“Kami sudah gelar rapat terakhir untuk pelaksanaan beberapa lomba tersebut.  Untuk lomba-lomba, seperti Thafiz Al Qur’an, Adzan, dan cerdas cermat akan dilaksanakan pada Selasa (17/10/17) yang dipusatkan di Aula Babussalam. Sementara untuk kemah santri di pusatkan di Kampus Ma’arif NU, Kelurahan Karang Senang (SP3) mulai 19-22 Oktober 2017,”kata Wakil Ketua Panitia HSN Mimika 2017, Munawir Yakub kepada seputarpapua.com melalui telepon selulernya, Minggu (15/10/17).

Selain untuk memeriahkan peringatan HSN 2017, kata dia,  tujuan dilaksanakan berbagai lomba-lomba tersebut untuk mencari bibit muda yang memiliki kemampuan dalam membaca Al Qur’an. Dimana para pemenang nanti, akan direkomendasikan untuk menjadi imam masjid. Dengan demikian, masjid-masjid di Mimika  diharapkan tidak perlu lagi mendatangkan Imam dari luar, tetapi mengoptimalkan santri generasi muda yang sudah hafal Al Qur’an.

Sementara cerdas cermat untuk persiapan111aaa apabila ada permintaan dari panitia HSN Nasional untuk  mengirimkan perwakilan dari daerah. Dengan demikian, pihaknya akan mengirimkan pemenang yang ikut HSN ke 2 di Mimika

“Untuk mencari bibit yang berkualitas, juri yang akan melakukan penilaian nanti berasal dari Pimpinan Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Mimika. Ini bertujuan agar pelaksanaan lomba bisa netral,”tuturnya.

Sementara untuk kemah santri sendiri, Munawir Yakub mengatakan, ini sudah ada petunjuk pelaksana (juklak). Kemah santri dilaksanakan untuk memberikan pemahaman bagaimana seorang santri dalam kehidupan sehari-hari. Serta untuk menyampaikan bagaimana perjuangan santri dalam memperebutkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Karena sudah ada juklak dari pusat, maka di daerah wajib untu menyelenggarakannya,”ujarnya.

Kata dia, lomba dan kemah santri akan diikuti peserta tingkat SD sampai SMA. Karenanya, dari kegiatan tersebut, panitia sudah menyiapkan 140 piala, termasuk pemenang lomba kirab 1 Muharam 1439 H lalu. Selain itu panitia juga menyiapkan sertifikat, dimana ada 1000 sertifikat yang disiapkan, dan ini ditujukan untuk murid dan guru-guru pendamping.

“Kami sudah siapkan piala dan sertifikat untuk para peserta. Ini untuk memberikan motivasi kepada para santri. Selain itu ini merupakan kegiatan nasional, yang lebih menekankan pada para santri,”tutur Munawir.

Ia menambahkan, walaupun semua kegiatan  merupakan agenda nasional,.alan tetapi, sampai saat ini Pemerintah Daerah Mimika belum mengucurkan bantuan dana untuk panitia HSN Mimika. Padahal dasar dari pelaksanaan HSN ini adalah Keputusan Presiden (Keppres). Dan panitia sudah mengajukan bantuan dana ke pemda sebelum 1 Muharam 1439 H, tetapi sampai ini belum ada tindaklanjut

“Karena belum ada bantuan dari Pemda, panitia saling membantu dalam melengkapi kekurangan peringatan HSN di Mimika. Oleh itu, kami harap Pemda melalui Bupati untuk memberikan bantuan atas nama umat Islam di Kabupaten Mimika,”ungkapnya.(mjo/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *