13 Tim Ikut Lomba Seka Meriahkan HUT RI di Distrik Mimika Baru

SEKA | Peserta lomba seka dari Kelurahan Sempan. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
SEKA | Peserta lomba seka dari Kelurahan Sempan. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Sebanyak 13 kelompok dari kelurahan, kampung dan TP PKK di Distrik Mimika Baru mengikuti lomba seka dalam rangka meriahkan HUT ke 77 RI di Mimika, Papua Tengah.

Lomba yang diselenggarakan Pemerinttah Distrik Mimika Baru ini dibuka oleh Asisten III Hendritte Tandiyono di Gedung Eme Neme Yauware, Jumat (12/8/2022).

Hendritte dalam sambutannya mengapresiasi pemerintah Distrik Mimika Baru yang menyelenggarakan lomba ini.

“Ini yang sudah ditunggu-tunggu, setelah dua tahun kita diam-diam karena pandemi, akhirnya bisa ada lomba seperti ini lagi. Terima kasih pak kepala distrik,” ungkapnya.

Ia juga memberikan apresiasi dan dukungan kepada seluruh peserta 11 kelurahan, 3 kampung dan TP PKK.

Kepala Distrik Mimika Baru, Dedi D. Paokuma mengatakan, lomba tari seka ini merupakan rangkaian lomba yang dibuat Distrik Miru dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan ke 77 RI.

Sebelumnya sudah dilakukan lomba gaplek yang juga diikuti 14 kelurahan dan kampung se distrik Mimika Baru.

Lomba tari seka ini dibuat salah satu tujuannya ialah untuk menjawab kerinduan masyarakat dengan lomba-lomba yang biasa digelar.

“Semenjak covid ini kan kegiatan lomba untuk tarian adat ini jarang skali. Di tahun ini sudah  membaik situasi kita bikin lomba tari yang sudah jadi ciri khas kita di Mimika,” katanya.

Ia berharap, dengan lomba ini bisa mengangkat budaya dan lebih memperkenalkan tarian seka kepada masyarakat luas.

Peserta yang mengikuti lomba mewakili kelurahan dan kampung ini diikuti seluruh kalangan dan usia. Ada juga kepala kelurahan yang juga menjadi peserta tari seka.

 

reporter : Anya Fatma
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.