Pangdam: TNI Siap Dukung Polda Papua Kejar KKB

Pangdam: TNI Siap Dukung Polda Papua Kejar KKB
Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen GE Supit

ASMAT I Panglima Kodam (Pangdam) XVII Cenderawasih, Mayjen TNI George Elnadus Supit mengaku TNI siap mengerahkan pasukan untuk mendukung Polda Papua dalam menghadapi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB),  yang terus melakukan teror penembakan di area Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua.

“Kami siap membackup Polda, kapanpun, gak ada masalah,” kata George saat dikonfirmasi wartawan di Agats Asmat, Senin (24/10/17).

Sebenarnya kata Pangdam, aparat keamanan telah melakukakan langkah antisipasi atas peristiwa teror penembakan seperti yang terjadi saat ini. Namun pihak TNI dan Polri memang berbeda dalam Standar Operasional Prosedur Pengamanan (SOP).

“Sebetulnya sudah ada anstisipasi itu (teror penembakan-Red), hanya SOPnya berbeda-beda. PT Freeport menjadi tanggung jawab Polda, itu ring satu. TNI memang di luar,” kata George.

Lanjutnya, ring dalam pada pengamanan di area PT Freeport Indonesia merupakan kewenangan Polda Papua. Sementara TNI berada di ruang luar yang setiap saat siap membackup jika ada permintaan dari Polda Papua.

“Berapa saja yang dibutuhkan Polda. Nanti kita akan koordinasi dengan Kapolda berapa kira-kira kekuatan yang bisa kita kerahkan untuk laksanakan kegiatan tindakan lanjut,” kata Pangdam.(mjo/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *