Penembakan Dekat Kota Tembagapura, Freeport Bunyikan Sirene

Penembakan Dekat Kota Tembagapura, Freeport Bunyikan Sirene
Kota Tembagapura di Mile Point 68 area PT Freeport Indonesia (Ist)

TIMIKA | Teror penembakan kembali terjadi di sekitar Mile Point 67 tak jauh dari Kota Tembagapura, Mimika, Papua, yang merupakan area perumahan PT Freeport Indonesia di wilayah dataran tinggi, Minggu (29/10/17) sekitar pukul 10.15 WIT tadi.

Atas kejadian tersebut, manajemen PT Freeport Indonesia mengeluarkan peringatan terhadap keselamatan para pekerja dengan mengaktifkan sirene di Mile Point 68, Kota Tembagapura pada pukul 10.30 WIT.

 

“Sirene kota diaktifkan setelah kami menerima laporan mengenai tembakan di sekitar MP 67, di atas area Kawiki Shop,” demikian memo yang langsung disebar manajemen Freeport ke seluruh departemen perusahaan itu, Minggu.

 

Disebutkan bahwa pasukan Brimob telah merespon aksi penembakan tersebut, dan seluruh warga komunitas diminta tetap tinggal di dalam kediaman masing-masing sampai pemberitahuan selanjutnya.

 

“Konvoi kendaraan kedua arah (Timika – Tembagapura dan sebaliknya) dihentikan. Akses jalan antara Hidden Valley dan Tembagapura ditutup,” tulisnya.

 

Disamping itu, manajemen Freeport mengimbau seluruh pekerjanya agar menghubungi Command Center jika dalam situasi darurat. Kemudian melaporkan hal-hal mencurigakan ke Security Hotline di 5464444 (Lowlands) atau 546-0000 (Highlands).

 

“Kami akan memberikan update laporan perkembangan lainnya sesegera mungkin,” imbuhnya.

 

Kapolres Mimika AKBP Victor Dean Mackbon saat dikonfirmasi Seputar Papua membenarkan kejadian tersebut. Adapun  bunyi dentuman tembakan cukup besar (mirip bazoka) di sekitar MP 67 terdengar hingga 10 kali. Karyawan di radius bunyi tembakan sempat panik.

 

“Betul (telah terjadi bunyi tembakan) di sekitar MP 67, Distrik Tembagapura,” ujarnya singkat.

 

Sekitar Pukul 10.38 WIT, Satgas Brimob melakukan pengejaran terhadap terduga pelaku penembakan yang melarikan diri ke area Hidden Valley MP 66. Hingga kini mereka masih berjaga-jaga di lokasi tersebut, pengejaran terus berlanjut.

 

Warga sementara dievakuasi menuju Sporthall MP 68, Kota Tembagapura, agar terhindar dari aksi penembakan. Dilaporkan, situasi kota Tembagapura mencekam dan karyawan sempat  berlarian mengamankan diri.

 

Teror penembakan ini diduga masih kelanjutan dari aksi sebelumnya oleh jaringan Tentara Pembebasan Nasional – Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM) Kodam III pimpinan Jack Milliam Kemong yang bermarkas di Kali Kopi.

 

Aparat kepolisian menyebut mereka sebagai kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang selama ini melakukan aksi teror penembakan di area PT Freeport dan melakukan perlawanan terhadap aparat. (rum/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *