14 Warga Pelintas Batas Negara Diperiksa di PLBN Sota Merauke

Pemeriksaan pelintas batas di PLBN Sota Merauke. (Foto: Humas Polres Merauke)

MERAUKE, Seputarpapua.com | Sebanyak 14 warga pelintas batas negara dari Republik Indonesia ke Papua Nugini (RI-PNG) maupun sebaliknya, diperiksa petugas keamanan di Pos Pelintas Batas Negara (PLBN) Sota, Merauke Papua Selatan, Kamis (30/5/2024).

Pemeriksaan yang dilakukan oleh aparat gabungan TNI, Polri dan petugas PLBN itu berupa dokumen pelintas batas dan barang-barang bawaan di pintu perlintasan keluar masuknya manusia dan barang antara dua negara.

Kapolsek Sota, Ipda Esterlina Gebze menerangkan, pemeriksaan di pos lintas batas negara (PLBN) umumnya mempunyai dua tujuan, yaitu mencegah masuknya individu yang tidak diinginkan (misalnya penjahat atau orang yang dapat menimbulkan ancaman) dan menangkal peredaran barang-barang ilegal.

“Hasil pemeriksaan hari ini yang dilaksanakan dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIT, tidak ditemukan barang-barang ilegal yang masuk dari negara PNG ke RI,” ungkap Esterlina Gebze.

Ia menyebutkan bahwa hasil monitoring lintas batas orang melalui PLBN Sota tercatat 14 orang pelintas batas dengan rincian sebagai berikut, jumlah perlintasan warga dari Republik Indonesia ke Papua Nugini (keberangkatan) berjumlah 4 orang dan semuanya berjenis kelamin laki-laki.

“Sedangkan jumlah perlintasan orang dari Papua Nugini ke wilayah Republik Indonesia (kedatangan) sebanyak 10 orang, di antaranya 9 orang berjenis kelamin laki-laki dan 1 orang perempuan,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan petugas di Pos Pelintas Batas Negara (PLBN) Republik Indonesia dan Papua Nugini rutin melakukan pemeriksaan setiap hari kepada setiap warga yang melintas di pintu perbatasan.

“Kami dari Polri, TNI dan petugas dari instansi terkait selalu memeriksa para pelintas batas. Pemeriksaan dilakukan setiap hari sebagai bentuk pengawasan terhadap keluar masuknya manusia dan barang di pos perlintasan PLBN Sota,” tandasnya.

penulis : Hendrik Resi
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan