Menyongsong Pilkada Serentak, KPUD Mimika Gelar Jalan Santai

Menyongsong Pilkada Serentak, KPUD Mimika Gelar Jalan Santai
JALAN SANTAI- KPUD Mimika menggelar jalan santai sadar Pemilu dalam rangka menyongsong pelaksanaan Pilkada serentak 2017 dan Pemilu 2019

TIMIKA I Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Mimika menggelar jalan santai gerakan sadar Pemilu, Selasa (31/18) pagi. Jalan santai dilaksanakan dalam rangka menyongsong  sekaligus meningkatkan partisipasi masyarakat pada pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 dan Pemilu 2019.

Pada jalan santai KPUD Mimika menggandeng seluruh partai politik (parpol) peserta Pemilu, dengan mengambil rute, start dari Kantor KPUD Mimika, Jalan Yos Sudarso, Cenderawasih, Budi Utomo, Belibis, Yos Sudarso, dan kembali ke Kantor KPUD Mimika.

Ketua KPUD Mimika, Theodora Ocepina Magal, S.KM mengajak seluruh stakeholder dan masyarakat di Kabupaten Mimika untuk mensukseskan Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019 nanti. Dimana untuk pelaksanaan Pilkada serentak 2018, sudah dibuka secara nasional pada 14 Juni 2017 lalu. Sedangka untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 sudah dilakukan pendaftaran partai politik (parpol) mulai 3-17 Oktober 2017.

“Dengan kegiatan jalan santai kami minta dukungan kepada semua pihak untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilu di Mimika dengan aman, damai, sehingga menghasilkan pemimpin daerah yang dikehendaki masyarakat,”kata Ketua KPUD Mimika saat sambutan di kegiatan jalan santai.

Untuk Pilkada serentak, pihaknya sudah mulai melakukan tahapan secara nasional, yakni  perekrutan panitia pemungutan distrik (PPD) dan panitia pemungutan suara (PPS) pada 12 Oktober sampai 11 November 2017. Untuk tahapan pendaftaran sudah selesai, dan sekarang masih menunggu tes tertulis.

“Kami harap tahapan yang sudah dilalui secara nasional ini bisa dapat dukungan Pemda. Ini diperlukan, karena yang seharusnya untuk tes dilakukan besok, tapi karena sampai saat ini anggaran  belum ada, maka belum bisa dilaksanakan,”terangnya.

Pihaknya berharap agar Pemda bisa mencairkan anggaran yang sudah ditandatangani dan disetujui dalam nota persetujuan hibah daerah (NPHD). Ini diperlukan, agar pelaksanaan tahapan Pilkada secara nasional bisa dilaksanakan dengan baik.

“Kebetulan peserta jalan santai ada yang dari anggota DPRD, kami harap bisa dukung pencairan dana NPHD agar tahapan Pilkada di Mimika bisa terlaksana,”harapnya.(mjo/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *