John Rettob : Mimika Smart City, Hasil Kita Semua

John Rettob : Mimika Smart City, Hasil Kita Semua
Kadishubkominfo John Rettob menunjukan Penghargaan Smart City Award 2017

JAKARTA I Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mimika John Rettob menyampaikan rasa terima kasih sebesar-besarnya kepada para peserta yang setia mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Menuju Mimika Smart City.

“Saya secara pribadi bangga karena mereka (para peserta) begitu antusias mengikuti bimtek ini. Hasilnya adalah Masterplan Mimika Smart City. Ini adalah kerja keras kita semua. Kita harus bangga karena ikut memberikan sumbangsi dalam mewujudkan Mimika Smart City” kata John di Jakarta, Jumat (17/11/17).

Sejak terpilih menjadi salah satu kabupaten dari 25 kabupaten/kota di seluruh Indonesia guna mewujudkan Gerakan Menuju Smart City tahap I, program Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Kabupaten Mimika, melalui Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika mulai  melaksanakan Bimtek untuk menyusun Masterplan Mimika Smart City. 

Bimtek dilaksanakan sebanyak empat kali. Peserta yang mengikuti kegiatan ini kurang lebih 200 orang yang merupakan utusan dari setiap SKPD. Semantara Tim Pembimbing sebanyak lima orang, yang khusus ditugaskan oleh Kemenkominfo guna membimbing Mimika sehingga menghasilkan Masterplan dan sebuah aplikasi yang disebut AKAI Meno.

“Saya juga menyampaikan terima kasih kepada Tim Pembimbing yang sudah jauh-jauh datang untuk membimbing kami disini. Hasil ini sangat luar biasa dan begitu membanggakan” ungkap John.

Ia menambahkan, dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika juga sangat besar. “Bapak Bupati begitu apresiasi dengan program Smart City. Beliau intruksikan agar Mimika Smart City harus terlaksana. Begitupula dengan bapak Sekda. Itu sangat luar biasa” tutur John.

“Aplikasi pertama dalam Mimika Smart City adalah Lapor Akai Meno yang merupakan akronim dari Aduan, Keluhan, Aspirasi dan Informasi. Aplikasi ini akan menjadi sentra dimana masyarakat bisa melaporkan persoalan secara online dan langsung akan diteruskan kepada instansi terkait. Saya harap masyarakat dapat memanfaatkan program ini untuk tujuan baik demi pembangunan Mimika kedepan” jelasnya.
 
Gerakan menuju 100 Smart City merupakan program bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Bappenas dan Kantor Staf Kepresidenan.

Gerakan tersebut bertujuan membimbing Kabupaten/Kota dalam menyusun Masterplan Smart City agar bisa lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasikan potensi yang ada di masing-masing daerah. (Batt/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *