Maria Kotorok-Yustus Way Maju di Pilkada Mimika

Maria Kotorok-Yustus Way Maju di Pilkada Mimika
Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Mimika, Maria Florida Kotorok dan Yustus Way saat menyerahkan dokumen dukungan ke KPUD Mimika, pada Rabu 29 November 2017

TIMIKA I Pasangan Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati, Maria Florida Kotorok dan Yustus Way, pada Rabu (29/11/17) menyerahkan berkas persyaratan dukungan untuk maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 dari jalur perseorangan ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Mimika.

Bakal calon bupati dan wakil bupati ini menyerahkan 22.800 dukungan KTP yang telah dimasukkan ke dalam sistim pencalonan (Silon) ke sistim KPU. Jumlah tersebut merupakan dukungan dari warga di 10 distrik di Kabupaten Mimika.

Pada penyerahan berkas dukungan tersebut, Maria Florida Kotorok sempat menanyakan kepada Divisi Teknis KPUD Mimika, Derek Mote adalah apabila ada kekurangan terhadap persyaratan yang diserahkan, apakah ada waktu  untuk melakukan perbaikan. Sementara waktu penyerahan berkas dukungan ini, berakhir 29 November 2017.

Menjawab pertayaan tersebut, Derek Mote mengatakan, saat ini tahapan penyerahan dokumen dukungan persyaratan pencalonan dari calon perseorangan. KPUD Mimika akan berkoordinasi dengan penghubung apabila terjadi kekurangan.

“Kami akan berhubungan dengan penghubung bukan dengan bakal calon. Karenanya harus ada mandat yang diberikan kepada penghubung,”kata Mote.

Mote menjelaskan, setelah tahapan penyerahan berkas, dilanjutkan penelitian berkas pasangan calon yang dijadwalkan 25 November 2017 sampai 3 Januari 2018. Pada penelitian tersebut ada beberapa hal, seperti penelitian berkas, DP4, penggandaan dan faktual pada PPS. “Jadi masih bisa dilakukan perbaikan, apabila terjadi pendobelan atau kekurangan,”jelasnya.

Sementara Maria usai penyerahan mengatakan, pihaknya merupakan satu-satunya perempuan yang menyerahkan dokumen dukungan untuk maju pada Pilkada 2018 nanti. Maria ingin membuktikan adanya kesetaraan gender. Dimana baik perempuan maupun laki-laki memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi pemimpin daerah.

“Saya ingin menunjukkan bahwa perempuan bisa memimpin daerah ini. Apalagi Mimika ini memiliki potensi yang belum optimal untuk dikembangkan. Olehnya kami minta dukungan kepada semua pihak untuk pencalonan ini,”tutur Maria.

Sementara bakal calon bupati, Yustus Way mengatakan, pihaknya maju ingin ada perubahan di Mimika, khususnya di bidang pemerintahan. Yang menginginkan adanya pemerintahan bersih, sehat, dan tertib.

“Kalau kami terpilih nanti, kami ingin menempatkan pejabat sesuai latar belakang pendidikannya. Sehingga program atau kinerja dari pemerintahan ini bisa lebih optimal,”katabya.(mjo/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *