306 Calon Panwas Distrik akan Ikuti Tes Tertulis

306 Calon Panwas Distrik akan  Ikuti Tes Tertulis
Kantor Panwaslu Kabupaten Mimika yang terletak di Jalan KH Dewantara

TIMIKA I Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Mimika, Papua akan melakukan tes tertulis terhadap calon Panwas Distrik, pada Sabtu (2/12/17). Rancananya kegiatan ini akan dilaksanakan di SD Tiga Raja, Jalan Yos Sudarso.

“Tes tertulis untuk Panwas Distrik, akan diikuti kurang lebih 306 orang,”kata Komisioner Panwaslu Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Organisasi sekaligus Ketua Pokja Panitia Pemilihan Distrik (Panelis) Toni Lehander Agapa S.IP

Kata dia, dalam perekrutan Panwas Distrik ini, pihaknya mengalami beberapa kendala diantaranya adalah kondisi geografis Mimika yang cukup sulit. Belum lagi alat transportasi yang digunakan juga terbatas untuk menjangkau dan  penyampaian informasi.

“Kami sudah buat  stiker untuk bagian dari penyampaian informasi, tapi terlambat sampai ditujuan karena kondisi alam,”ujarnya.

Meski demikian, lanjut dia, pihaknya  berupaya agar perekrutan ini bisa terlaksana dengan baik. Dan terbukti, dari 306 calon peserta ini telah mengakomodir 18 Distrik yang ada di Kabupaten Mimika.

“Semua calon peserta yang telah mendaftar, akan melaksanakan test tertulis pada hari Sabtu 2 Desember 2017. Tes tertulis akan dilakukan satu hari saja,”terangnya.

Ia menambahkan, untuk test nantinya akan terkait dengan pengawasan pemilu secara umum dan undang undang yang ada terkait pengawasan pemilu. Usai melakukan tes tertulis dan pemeriksaan hasil tes, selanjutnya pada 4 Desember 2017 nanti akan dilakukan wawancara.

“Setelah lulus tes, peserta akan mengikuti wawancara.

Sementara terkait yang dibutuhkan, ia menjelaskan, untuk kuota setiap distrik standarnya hanya sembilan orang. Tetapi yang dibutuhkan nantinya hanya tiga orang per distrik. Sehingga total yang dibutuhkan untuk Panwas distrik sebanyak 54 sesuai jumlah distrik di Mimika.

“Jadi setiap distrik nanti akan diawasi oleh tiga panwas distrik. Dimana petugas ini akan melakukan pengawasan pada saat pelaksanaan Pilkada 2018 nanti. Oleh itu, peserta yang lolos baik tertulis maupun wawancara akan mengikuti bimtek,”ungkapnya.(mjo/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.