Curah Hujan di Timika Diprediksi Tinggi pada Sore Hari Hingga Januari

Curah Hujan di Timika Diprediksi Tinggi pada Sore Hari Hingga Januari
Hujan di Kota Timika pada Jumat (15/12) petang

TIMIKA | Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Timika, Papua memprediksi curah hujan tinggi akan mengguyur wilayah itu pada sore hingga malam hari.

 

“Pola ini akan terjadi hingga awal tahun 2018 dan akan berlanjut terus hingga Januari. Memang curah hujannya termasuk kategori tinggi,” kata Prakirawan BMKG Timika, Stevan Yawan di Timika, Jumat (15/12).

 

Menurut Steven, hampir setiap hari di Timika sering turun hujan namun kali ini curah hujan terjadi di atas normal. Sedangkan untuk subuh hingga siang hari cenderung panas.

 

Curah hujan di Timika disebabkan kebanyakan dari awan-awan konvektif dan cenderung terjadi dengan cepat dan dalam jangka waktunya paling lambat 2 – 3 jam dengan intensitasnya hujan sedang hingga lebat.

 

Curah hujan yang cukup tinggi di Timika juga dipengaruhi faktor geografis yaitu berada di dekat jajaran pegunungan tengah Papua sehingga awan yang dibawa angin dari arah selatan akan kembali ke wilayah itu dan menyebabkan terjadi hujan. Itu juga yang menjadi penyebab mengapa sering terjadi hujan lokal.

 

“Kadang sore hari itu hujan hanya di wilayah Utara seperti Kuala Kencana , SP2, Tembagapura, sedangkan diperairan laut itu cukup cerah,” ujarnya seperti dikutip dari Antara.

 

 

Sementara untuk lalu lintas penerbangan di bandara Mozes Kilangin Timika cukup lancar karena hujan sering terjadi pada sore hari. Sedangkan aktifitas penerbangan sudah tutup sekitar pukul 16.30 WIT.(Ant/rum/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *