Empat Pekerja Seks Diluar Lokalisasi Km 10 Ditemukan Positif HIV

Empat Pekerja Seks Diluar Lokalisasi Km 10 Ditemukan Positif HIV
Ilustrasi

TIMIKA | Forum Pemuda Peduli AIDS (FPPA) Mimika menemukan empat kasus HIV pada pekerja seks yang beraktifitas di luar kawasan lokalisasi sepanjang 2017. Dua kasus HIV dari kalangan pekerja seks jalanan dan dua kasus ditemukan di panti pijat (timung) dan cafe.

Pengelola Program FPPA Mimika, Bennedick A Tulenan memperkirakan ada sebanyak 50 wanita pekerja seks (WPS) jalanan di Kota Timika pada 2017. Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya yaitu sekitar 29 orang terdata.

“Dua diantaranya itu kami temukan positif HIV. Mereka biasa bekerja di sekitar pasar lama dan lapangan Jayanti, Kota Timika,” kata Bennedick kepada wartawan di Timika, Selasa (9/1).

Menurut Bennedick, pekerja seks jalanan masuk dalam kategori WPS langsung di luar lokalisasi Kilometer 10 di Kampung Kadun Jaya, Wania. Sementara pekerja di panti pijat, bar dan café dikategorikan sebagai pekerja seks freelance.

“Terakhir, wanita yang menyiapkan layanan seks tanpa tempat spesifik, misalnya kos-kosan, dikategorikan sebagai pekerja seks terselubung,” kata dia.

Ia mengatakan, pekerja seks yang paling sulit dijangkau adalah pekerja seks yang beraktifitas di kos-kosan. Mereka cenderung malu dan tidak mau diketahui pekerjaannya. Karena itu, sampai 2017 baru sekitar 30 orang berhasil dijangkau.

“Kami perkirakan jumlahnya jauh lebih banyak dari itu (yang terdata),” ujarnya.

FPPA Mimika telah menjangkau delapan bar, 25 panti pijat dan sembilan cafe di seputaran Kota Timika sampai 2017. Pekerja seks di luar lokalisasi kilometer 10 tercatat mencapai 300 orang dan dipastikan belum seluruhnya terjangkau.

Selain menemukan orang positif HIV, tahun lalu FPPA juga menemukan tujuh orang sifilis di pekerja cafe dan dua orang sifilis dari lelaki berisiko tinggi.

“Yang kami ingin pastikan mereka bekerja secara sehat, rutin mengikuti tes HIV dan IMS (infeksi menular seksual) dan memakai kondom saat bekerja,” imbuhnya. (rum/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan