23 Jembatan Dibangun Dinas PUPR di Mimika Sepanjang 2023

Sekretaris Dinas PUPR Mimika, Inosensius Yoga Pribadi. (Foto: Anya/Seputarpapua)

TIMIKA | Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mimika, Papua Tengah membangun sebanyak 23 jembatan di tahun 2023.

Hal demikian disampaikan Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Mimika, Inosensius Yoga Pribadi, Senin (20/11/2023).

“Tahun 2023 pembangunan jembatan ada 23,” katanya.

Ia menjelaskan, jembatan-jembatan yang dibangun itu mulai dari wilayah kota Timika, pesisir, sampai ke pegunungan. Untuk di pegunungan dibuatkan jembatan gantung dengan material sling. Beberapa diantaranya ada jembatan gantung di Banti – Kimbeli dengan bentangan sepanjang 100 meter.

“Tahun lalu ada dibangun tapi itu menghubungkan sungai lain lagi, jadi tahun ini dibangun lagi,” kata Yoga.

Di Distrik Jila juga dibangun dua jembatan gantung dengan bentangan masing-masing 100 meter dan 30 meter.
Jembatan ini dibuat untuk memudahkan akses masyarakat melewati sungai.

Di Distrik Agimuga juga dibuatkan jembatan dengan panjang delapan dan enam meter. Di Kokonao dan Atuka dibuatkan jembatan yang menghubungkan pemukiman masyarakat.

“Di Atuka itu kita bangun jembatan, tapi karena sampai ke tempat tambatan perahu, jadi dimodifikasi multifungsi untuk tambatan perahu juga,” terangnya.

Sementara untuk di Distrik Jita dibuatkan jembatan antar kampung dengan bentangan sepanjang 100 meter sebagai akses masyarakat antar kampung dan juga untuk anak-anak sekolah. Ini karena sekolah berada di kampung seberang dan selama ini anak-anak menggunakan perahu untuk sampai ke sekolah. Sebelumnya masyarakat menggunakan jembatan kayu tetapi sudah hancur, dan diusulkan dalam Musrenbang Distrik Jita.

“Jadi dengan pembangunan jembatan ini bisa menghubungkan antar kampung satu dengan kampung lainnya,” jelasnya.

Ada juga jembatan sepanjang 90 meter di Kapiraya dan dua jembatan lain di Kokonao dan Amar.

Untuk di wilayah kota, jembatan-jembatan dibangun di area SP 3 menuju Kwamki Narama. Jalan Hasanudin (Irigasi) RT 19 jembatan sepanjang 10 meter. Di Kilometer 10 jembatan sepanjang 7 meter. Jembatan di Jalan Hasanudin (pohon jomblo) menuju Brigif sepanjang 15 meter.

Advertisements

Ada juga jembatan yang dibuat dari pokir DPRD, diantaranya jembatan di Jalan Kelimutu, Jalan WR Supratman dalam sepanjang 7 meter dan di Jalan Rajawali 2 jalur 2 SP4 sepanjang 6 meter.

Ada juga jembatan di Kompi senapan B sepanjang 15 meter, di Jalan Cenderawasih depan Hotel Swiss-Belinn,
di Jalan Pattimura sepanjang 4 meter dan di Jalan Hasanuddin (kompleks masjid Al Hijrah).

penulis : Anya Fatma
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan