24 WNI Berhasil Dipulangkan ke Indonesia dari PNG

21 WNI | Duta Besar RI untuk Papua Nugini Andriana Supandy (tengah) melepas keberangkatan 24 WNI untuk kembali ke Indonesia dari Papua Nugini pada Kamis (18/6/2020). (HO-KBRI Port Moresby)
21 WNI | Duta Besar RI untuk Papua Nugini Andriana Supandy (tengah) melepas keberangkatan 24 WNI untuk kembali ke Indonesia dari Papua Nugini pada Kamis (18/6/2020). (Foto: HO-KBRI Port Moresby)

Sebagai dampak global dari wabah COVID-19, berbagai rute dan jadwal penerbangan internasional mengalami penyesuaian untuk mengikuti peraturan dari setiap negara.

Keadaan itu juga berimbas terhadap rute penerbangan yang umumnya digunakan oleh kalangan WNI yang bekerja di Papua Nugini untuk kembali ke Tanah Air via Singapura atau Manila.

Untuk proses pemulangan, KBRI Port Moresby terus melakukan komunikasi dan pendataan terhadap para WNI yang sudah tidak bekerja dan perlu untuk segera kembali ke Indonesia.

Sebelumnya, KBRI Port Moresby bekerja sama dengan Konsulat RI di Vanimo, Pemerintah Provinsi Papua, imigrasi, TNI, Polri dan elemen pendukung lainnya telah memfasilitasi dua kali repatriasi mandiri WNI dari Papua Nugini ke Indonesia melalui rute alternatif Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skow-Wutung.

Repatriasi dilaksanakan pada 20 dan 30 Mei 2020 dan diikuti oleh tujuh orang pekerja migran Indonesia, yang masa kerjanya di PNG telah berakhir. Kemudian, pada 3 Juni 2020 Pemerintah Indonesia juga memfasilitasi kepulangan 30 warga PNG melalui PLBN Skow–Wutung.

Terkait kondisi di PNG, Dubes RI menyebutkan bahwa status darurat di negara itu telah dinyatakan berakhir pada 16 Juni 2020.

Bertepatan dengan pengakhiran status darurat, Parlemen PNG juga telah menyetujui undang-undang National Pandemic Act 2020, yang akan menjadi panduan pelaksanaan tatanan kehidupan normal baru di tengah pandemi COVID-19 di Papua Nugini.

 

Sumber: Antara
Editor: Aditra
2 of 2Next

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar