Gempa 4,9 SR Guncang Jayapura

Gempa 4,9 SR Guncang Jayapura
Ilustrasi

JAYAPURA | Gempa berkekuatan 4,9 Skala Richer (SR) mengguncang Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, sekitar pukul 18.12 WIT yang berlokasi di 2,67 Lintang Selatan (LS) dan 140,37 Bujur Timur (BT).

 

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah V Jayapura, gempa dirasakan di Sentani, Jayapura dan Genyem pada kedalaman 13 kilometer.

 

Tidak ada pengumuman dari otoritas setempat mengenai kewaspadaan terjadinya tsunami.

 

Dari pantauan di lapangan, warga terlihat panik dan berhamburan dari dalam ruangan, baik pertokoan maupun hotel.

 

Frans Kogoya, salah satu warga Sentani mengatakan dirinya kaget dan berebut keluar dari salah satu toko di Jayapura dengan warga lainnya.

 

“Bagaimana tidak panik, beberapa hari ini gempa terus, kami takut juga,” ujarnya sambil membereskan barang-barangnya yang berhamburan karena terburu-buru keluar dari toko.

 

Sehari sebelumnya, Kabupaten Boven Digoel juga diguncang gempa yang berkekuatan 5,7 SR sebagai dampak dari gempa di Papua Nugini.

 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua dan otoritas setempat menginfokan setidaknya satu masjid, satu puskesmas, rumah warga dan jalan rusak akibat gempa tersebut. (Ant/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.