25 Bangunan Dibakar, 14 Orang Terluka Dalam Aksi Anarkistis di Jayapura

25 Bangunan Dibakar, 14 Orang Terluka Dalam Aksi Anarkistis di Jayapura
Tampak sejumlah bangunan yang dibakar. (Foto: Ist)

JAYAPURA | Aksi anarkistis dilakukan oknum massa penjemput jenazah Lukas Enembe dari Sentani, ke rumah duka di Koya Tengah, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Kamis (28/12/2023).

Dari data yang dikeluarkan Polda Papua, tercatat 14 orang diantaranya, 7 anggota Polri, 1 personel TNI, 5 warga sipil dan Penjabat Gubernur Papua Ridwan Rumasukun.

“Hingga pukul 21.00 WIT malam ini, jumlah orang yang terluka akibat aksi anarkis massa penjemputan jenazah Lukas Enembe sebanyak 14 orang. Ada pak Pj Gubernur Papua, 7 anggota Polri, 1 personel TNI dan 5 warga sipil,” kata Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius Fakhiri ketika dikonfirmasi pada Kamis malam.

Selain korban luka, terdapat kerugian material akibat pembakaran dan perusakan yang dilakukan oknum massa.

“Untuk kerugian sarana dan fasilitas umum ada 25 bangunan dibakar, 1 mobil dibakar. Kemudian 5 kendaraan rusak dan 3 bangunan rusak,” kata Kapolda.

Ditempat terpisah, Presiden GIDI, Pendeta Dorman Wandikbo menyampaikan permintaan maaf atas aksi anarkistis yang terjadi yang menyebabkan Pj Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun terluka dan beberapa bangunan yang rusak.

“Kepada pak Pj Gubernur Papua yang sementara berada di rumah sakit dan Kapolda Papua, kami minta maaf atas semua kerusakan yang terjadi karena ini di luar perkiraan kami. Kami mohon maaf,” katanya di Sentani pada Kamis siang.

penulis : Firga
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *