seputarpapua.com

26 Ribu Lebih KK akan Terima Dana Rp600 Ribu dari Pemda Mimika saat Covid-19

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Kepala DPMK Mimika, Michael Gomar. (Foto: Anya Fatma/SP)
Michael Gomar. (Foto: Anya Fatma/SP)

TIMIKA | Sebanyak 26.536 Kepala Keluarga (KK) di Mimika akan menerima dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) 133 kampung.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Michael Gomar mengatakan, BLT yang diberikan merupakan bantuan yang diberikan ditengah masa pandemi Covid-19 kepada setiap KK sebesar Rp600 ribu selama tiga bulan kedepan.

Dijelaskan, anggaran yang diberikan ke masyarakat dipotong 20-35 persen dari dana desa tahun 2020 untuk 133 kampung.

“Untuk BLT Dana Desa dari 133 kampung, simulasi perhitungannya itu kurang lebih Rp48.045.419.150 dan itu kalau dihitung 1 kepala keluarga mendapat Rp600 ribu perbulan selama 3 bulan kedepan,” ungkap Gomar di Hotel Grand Mozza, Jumat (17/4).

Warga yang berhak menerima BLT dana desa ini kata Gomar ialah warga yang tidak menerima bantuan-bantuan lain dari pemerintah seperti BLT dari Dinas Sosial, Dana PHK dan bantuan lainnya.

“Jadi warga yang terima adalah yang belum tercover sama sekali,” ujar Gomar.

Pengalihan dana desa ini dilakukan karena jumlah warga desa yang tidak masuk dalam data penerima bantuan Pemerintah Pusat dan daerah cukup banyak, sehingga perlu dilakukan pencadangan anggaran sendiri untuk masyarakat desa.

Sementara untuk mekanisme penyaluran bantuan ini akan diawali dengan pendataan KK yang kemudian dilaporkan kepada Kepala Distrik dilanjutkan kepada Bupati Mimika melalui DPMK.

“Dilaporkan kepada distrik selanjutnya dilaporkan ke Bupati Mimika untuk dikeluarkan SK penerima BLT desa, ” sebutnya.

 

Reporter: Anya Fatma
Editor: Misba
Berita Terkait
Baca Juga